Kamu mengalami masalah sulit tidur atau mengidap insomnia? Coba deh 8 teknologi ini

Kamu mengalami masalah sulit tidur atau mengidap insomnia? Coba deh 8 teknologi ini

Techno.id - Tidur sangat penting untuk tubuh agar dapat menjalankan berbagai tugas harian di kemudian hari. Namun faktanya, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk tidur alias insomnia. Tidak sedikit juga yang mengalami gangguan saat tidur.

Banyak dari kita mungkin pernah mengalami kesulitan untuk tidur meski sudah berada di atas tempat tidur. Yang dilakukan hanyalah berguling-guling, tetapi mata sulit dipejamkan.

Tetapi kamu bukanlah satu-satunya orang yang mengalami kondisi tersebut. Banyak orang yang tidak bisa tidur di malam hari, dan masalah ini dapat disebabkan banyak faktor, mulai dari stres dan kecemasan hingga kebiasaan tidur yang buruk atau terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Nah di era digital seperti sekarang, kamu bisa memanfaatkan teknologi yang dapat membantu agar kamu tidur nyenyak. Berikut beberapa teknologi yang bisa kamu gunakan untuk membantu waktu istirahat kamu, mulai dari menggunakan aplikasi hingga perangkat untuk membantu kamu beristirahat.

1. Aplikasi dongeng pengantar tidur

Kamu mengalami masalah sulit tidur atau mengidap insomnia? Coba deh 8 teknologi ini foto: play.google.com

Mungkin banyak dari kamu yang sejak kecil terbiasa mendengarkan dongeng pengantar tidur. Kini di era digital, tidak hanya ada cerita pengantar tidur untuk anak-anak, tetapi juga aplikasi dengan cerita pengantar tidur untuk orang dewasa.

Salah satu aplikasi terbaik yang tersedia adalah Calm. Aplikasi ini memiliki berbagai cerita pengantar tidur yang berbeda dengan genre seperti non-fiksi atau perjalanan. Yang membuat banyak cerita pengantar tidur pada aplikasi ini istimewa karena ceritanya dinarasikan suara terkenal dari selebriti favorit seperti Camila Cabello dan Matthew McConaughey. Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi Calm untuk meningkatkan perhatian melalui meditasi, latihan pernapasan, musik, dan banyak lagi.

2. Menggunakan alat untuk mendinginkan suhu tubuh

Kamu mengalami masalah sulit tidur atau mengidap insomnia? Coba deh 8 teknologi ini foto: eightsleep

Saat kamu tidak bisa tidur di malam hari, akan sangat membantu jika kamu memiliki sesuatu seperti Eight Sleep Pod 3 Cover untuk mendinginkan suhu tubuh dengan cara yang cerdas. Pod 3 Cover adalah penutup kasur yang dapat diselipkan di tempat tidur seperti seprai.

Namun, ada perbedaan yang signifikan, yaitu penutup ini terhubung ke Hub pintar yang diletakkan di samping tempat tidur yang memungkinkan kamu mengatur suhu di setiap sisi tempat tidur dengan mudah. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pendamping Eight Sleep untuk memantau skor tidur dan melacak statistik tidur kamu.

3. Hindari menggunakan jam alarm

Kamu mengalami masalah sulit tidur atau mengidap insomnia? Coba deh 8 teknologi ini foto: casper

Sebaiknya kamu tidak menggunakan jam alarm di samping tempat tidur untuk memeriksa waktu. Sekarang kamu bisa menggunakan perangkat pintar seperti Casper Glow Light.

Alat ini menggunakan cahaya untuk menenangkan kamu saat tidur dan membangunkan di pagi hari. Selain itu, kamu bahkan dapat memutarnya untuk mengubahnya menjadi lampu baca yang lembut jika ingin membaca beberapa halaman buku favorit untuk membantu kamu tertidur.

4. Cobalah bersantai dengan relaksasi otot progresif

Relaksasi otot progresif adalah teknik yang dapat membantu kamu melewati malam ketika sulit tidur. Secara sederhana, ini adalah alat relaksasi mendalam yang melibatkan pengencangan secara perlahan dan kemudian mengendurkan setiap kelompok otot di seluruh tubuh.

Video relaksasi otot progresif dari saluran YouTube Therapy in a Nutshell di atas berdurasi kurang dari 10 menit dan dapat ditonton secara gratis di YouTube. Video ini dimulai dengan latihan pernapasan dalam yang diikuti dengan pengencangan dan pelemasan otot dari kaki hingga wajah.

Kamu disarankan untuk berlatih relaksasi otot progresif secara teratur dan menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

(brl/red)