Hanya 12MP, seperti apa kehebatan kamera Samsung Galaxy S7 nanti?

Hanya 12MP, seperti apa kehebatan kamera Samsung Galaxy S7 nanti?

Techno.id - Kita telah memasuki era di mana hasil foto dari kamera ponsel tak kalah jika dibandingkan dengan kamera saku, mirrorless atau bahkan beberapa tipe DSLR. Ya, sudah terlalu banyak merk ponsel yang menggunakan kamera dengan resolusi 13MP, 16MP, dan bahkan 20MP.

Jika boleh sedikit melihat ke belakang, pada tahun 2012 lalu, kamera ponsel dengan resolusi 8MP sudah bisa dibilang high-end. Namun mengapa setelah kita mulai terbiasa dengan kamera ponsel 20MP para produsen justru menurunkannya menjadi 12MP saja untuk varian ponsel terbarunya?

Penurunan angka bukan berarti merosotnya kualitas foto yang akan dihasilkan. Seperti yang telah diberitakan oleh Connect Digital Photography Review pada hari Kamis (05/11/15) lalu, Google Nexus terbaru pun kameranya hanya punya resolusi 12,3MP.

Hanya 12MP, seperti apa kehebatan kamera Samsung Galaxy S7 nanti?

Meski resolusinya kecil, namun ponsel baru besutan Google tersebut memiliki image sensor dengan ukuran lebih besar, sekitar 1/2,3 inci. Hal inilah yang kabarnya bakal diterapkan Samsung untuk Galaxy S7 mendatang.

Menurut rumor yang beredar, Samsung Galaxy S7 dibekali kamera dengan resolusi 12MP saja. Namun kali ini samsung bakal menggunakan sensor berukuran besar, yaitu 1/2 inci, yang jelas membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya.

Langkah ini diambil untuk memperbaiki kualitas gambar terutama saat digunakan dalam kondisi low light, dan resolusi 12MP dirasa cukup untuk membuat foto tetap memiliki kualitas yang baik saat pengguna meng-crop foto, karena mengingat kamera ponsel tak dilengkapi dengan lensa zoom.

(brl/red)