Fitur dan spesifikasi iPhone 15 Pro yang perlu kamu ketahui

Fitur dan spesifikasi iPhone 15 Pro yang perlu kamu ketahui

Techno.id - Dari empat model iPhone 15 Series yang baru saja diluncurkan, iPhone 15 Pro menjadi salah satu yang bikin banyak orang penasaran. Sebab, iPhone 15 Pro mendapatkan banyak sekali peningkatan baru dari pendahulunya, meski dibayangi saudaranya yang lebih besar, iPhone 15 Pro Max.

Kehadiran iPhone 15 Pro tampaknya bisa memenuhi kebutuhan pengguna yang menginginkan smartphone yang tidak terlalu besar tetapi dibekali fitur-fitur premium. Secara ukuran, iPhone 15 Pro dianggap pas, tidak terlalu besar tetapi juga tidak kecil. Dari sisi desain, iPhone 15 Pro seakan memperlebar jarak keunggulan dibanding pendahulunya, iPhone 14 Pro yang diluncurkan tahun lalu.

Tentu saja bagian terbaik dari iPhone 15 Pro adalah soal harga. Apple mempertahankannya di harga USD999 atau sekitar Rp 15,3 juta yang membuat perangkat ini menjadi andalan pada titik harga tersebut. Berbeda dengan iPhone 15 Pro Max yang memiliki harga jauh lebih tinggi, yakni USD1.199 atau sekitar Rp 18,4 juta.

Ketika memperhitungkan bingkai dengan paduan titanium baru, fitur Action Buton, chip A17 Pro, dan kamera canggih, iPhone 15 Pro diklaim mengemas semua fitur kaya yang dibutuhkan ponsel flagship. Lantas seperti apa fitur dan spesifikasi iPhone 15 Pro? Berikut Techno.id rangkum dari berbagai sumber beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai perangkat anyar Apple ini.

Desain

Fitur dan spesifikasi iPhone 15 Pro yang perlu kamu ketahui foto: apple

Rangka baja tahan karat yang digunakan sejak iPhone X kini telah ditinggalkan dan digantikan dengan rangka berbahan titanium alloy yang lebih tahan lama dan lebih ringan. Awalnya banyak orang skeptis tentang hal ini, tetapi setelah diluncurkan banyak yang akhirnya terkesan setelah melihat perbedaan dari sisi bobotnya.

Perubahan lain pada perangkat ini dibanding pendahulunya adalah tepian berkontur, yang membuatnya lebih nyaman digenggam. Sebaliknya, baja tahan karat pada iPhone 14 Pro lebih tajam di sekeliling tepinya. Karena itu kesan bulat yang halus pada kontur bingkai titanium iPhone 15 Pro merupakan perubahan yang disambut baik pengguna.

Satu lagi fitur yang juga cukup mendapat perhatian adalah keberadaan Action Button yang menggantikan tombol mute pada iPhone 14 Pro. Fitur ini menjadi menarik karena dapat melakukan beberapa fungsi, termasuk tindakan kompleks dengan bantuan aplikasi Shortcuts.

Menariknya, tombol ini masih tetap bisa berfungsi sebagai tombol mute dengan ditekan lebih lama. Bisa jadi fungsi tekan dua kali dan tiga kali dapat dibuka melalui pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.

Yang tak kalah menarik adalah keberadaan port USB-C untuk menggantikan port Lightning yang telah digunakan sejak iPhone 5. Dengan peralihan ke USB-C berarti pengguna hanya perlu membawa satu kabel pengisi daya, sebab sebagian besar gawai masa kini memanfaatkan USB-C. Selain itu port USB-C iPhone 15 Pro mendukung USB 3 dengan kecepatan transfer hingga 10Gb/s.

Layar

Fitur dan spesifikasi iPhone 15 Pro yang perlu kamu ketahui foto:apple

Sektor layar iPhone 15 Pro mungkin tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya meski layar Super Retina XDR 6,1 inci pada iPhone 15 Pro diklaim lebih baik daripada milik di iPhone 14 Pro. Namun dari sisi spesifikasi sebetulnya tidak jauh berbeda.

Layar ini memiliki resolusi 2556 x 1179, kerapatan piksel 460 ppi, kecepatan refresh layar 120Hz, dan kecerahan puncak 2000 nits di luar ruangan. Meskipun tampaknya layar tidak mengalami perombakan substansial, Apple mencatat bahwa layar ini memiliki bingkai tertipis yang pernah ada di iPhone, sama seperti pada iPhone 15 Pro Max.

(brl/red)