5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series

5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series

Techno.id - Tidak seperti kebanyakan acara utama Apple yang dilakukan dalam dua tahun terakhir, acara pada 12 September 2023 yang bertajuk Wonderlust tidak dipenuhi dengan peluncuran produk. Acara ini mencakup pengumuman untuk model Apple Watch generasi terbaru dan seri iPhone 15, yang masing-masing membawa beberapa peningkatan.

Namun dalam acara tersebut ada beberapa hal yang menjadi sorotan. Berikut ini lima pengumuman terbesar dari acara tersebut.

1. iPhone 15 Pro Max memperkenalkan sistem kamera zoom optik 5x

5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series foto: apple

Peningkatan kamera telah menjadi hal yang sangat penting dalam acara tahunan iPhone. Begitu juga pada acara peluncuran seri iPhone 15 Pro. Meskipun demikian, tahun ini, peningkatan yang paling besar hanya eksklusif untuk model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Untuk tahun 2023, Apple meningkatkan kamera telefoto pada smartphone kelas flagshipnya dengan memberikan 5x optical zoom pada panjang fokus 120mm dengan sistem stabilisasi gambar optik baru yang disebut sebagai sistem tercanggih. Teknologi sensor-shift Apple tidak main-main dalam hal menjaga video dan gambar bebas dari keburaman.

Sistem kamera iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga memperkenalkan beberapa fitur lain melalui perangkat lunak. Yang paling menonjol adalah kemampuan cepat mengubah antara panjang fokus standar 24 mm, 28 mm, dan 35 mm yang popular di kalangan fotografer.

Ada juga kemampuan baru untuk menangkap data potret wajah untuk suatu gambar tanpa mengaktifkan mode potret wajah. Secara keseluruhan, ada banyak hal yang dapat ditemukan mengenai iPhone 15 Pro.

2. Selamat tinggal Lightning, Halo USB-C

5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series foto: apple

Seperti yang diisyaratkan dari semua bocoran selama ini, sejalan dengan ketentuan Uni Eropa, Apple akhirnya mengganti Lightning port menjadi USB-C. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki port USB-C dengan kecepatan transfer USB 2.0. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang lebih mahal memiliki USB-C yang mendukung USB 3 (kecepatan transfer hingga 10Gbps). Apple rencananya juga akan mengganti port untuk mengisi daya pada perangkat lain dari ekosistemnya.

(brl/red)