Inilah alasan mengapa iPhone kamu berhenti mengisi daya saat mencapai 80%

Inilah alasan mengapa iPhone kamu berhenti mengisi daya saat mencapai 80%

Techno.id - Selain layar rusak, pengisian daya adalah masalah paling umum yang dihadapi pengguna iPhone. Hal ini dapat dimaklumi karena baterai di iPhone atau ponsel apa pun, adalah salah satu komponen yang akan mengalami penurunan kualitas seiring masa penggunaan.

Ketika iPhone kamu tidak mengisi daya di atas 80%, jangan langsung berasumsi bahwa ini adalah waktunya untuk mengganti perangkat. Bisa jadi perangkat menolak pengisian daya karena fitur perangkat lunak yang diaktifkan secara default.

Saat iPhone kamu berhenti mengisi daya pada 80%, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan fitur Pengisian Daya Optimal diaktifkan. Fitur ini bertujuan mencegah baterai bekerja terlalu keras. Fungsinya untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan cara membatasi pengisian daya hingga 80%.

Inilah alasan mengapa iPhone kamu berhenti mengisi daya saat mencapai 80% foto: unsplash/andreas-haslinger

Jika fitur ini dimatikan, tetapi iPhone kamu masih tidak mau mengisi daya melebihi 80%, mungkin karena baterai menjadi terlalu hangat saat mengisi daya.

Dalam kasus seperti itu, perangkat lunak akan mendeteksi hal yang sama dan membatasi pengisian daya hingga 80% untuk menghindari panas berlebih. Jadi, sebaiknya cabut iPhone kamu untuk sementara waktu dan biarkan dingin hingga mencapai suhu normal. Setelah sekitar 15 menit, colokkan kembali dan lihat apakah iPhone kamu mulai mengisi daya lagi.

(brl/red)