Setelah 11 tahun digunakan, ini alasan Apple akhirnya harus bermigrasi dari Lightning ke USB-C

Setelah 11 tahun digunakan, ini alasan Apple akhirnya harus bermigrasi dari Lightning ke USB-C

Techno.id - Perangkat pertama dengan port USB-C hadir pada tahun 2015. Sekarang, USB-C ada di mana-mana, mulai dari ponsel Android, laptop, earbud nirkabel, kamera mirrorless, konsol game, monitor PC, dan bahkan skuter listrik.

Sementara iPhone cukup lama bertahan dengan konektor daya nonUSB-C yakni menggunakan Lightning. Setiap iPhone yang dirilis sejak 2012 telah menggunakan Lightning sampai sekarang. Apple memang dalam beberapa tahun terakhir sudah juga menambahkan USB-C untuk MacBook dan iPad. Namun untuk iPhone, Apple memilih untuk tetap menggunakan konektor Lightning.

Nah jelang peluncuran iPhone 15 Series, Apple telah mengonfirmasi bahwa port Lightning iPhone akan diganti dengan port USB-C. Apple rencananya akan meluncurkan iPhone baru tersebut di acara tahunan pada 12 September di Cupertino, California.

Mengapa Apple akhirnya mengubah port sekarang?

Setelah 11 tahun digunakan, ini alasan Apple akhirnya harus bermigrasi dari Lightning ke USB-C foto: techno.id/yani andriyansyah

Ingat konektor 30-pin pada iPhone dan iPod lama? Fitur tersebut diperkenalkan pada 2003. Sembilan tahun kemudian, Apple menukarnya dengan port Lightning, yang lebih kecil dan dapat dibolak balik. Artinya pengguna dapat mencolokkannya ke arah mana pun.

Penggunaan Lightning ini menciptakan lebih banyak ruang di dalam perangkat untuk memungkinkan komponen lain, seperti baterai yang lebih besar. Sekarang, setelah 11 tahun Lightning akan ditinggalkan dan digantikan USB-C.

Apple secara bertahap menambahkan port USB-C ke perangkat kerasnya yang lain selama beberapa tahun terakhir. Apple adalah yang pertama kali menggunakan USB-C pada laptop pada 2015. Kemudian iPad memulai transisi dari Lightning ke USB-C. Bisa dibilang iPhone pasti akan menjadi yang berikutnya.

Tetapi selama ini Apple telah memungut biaya lisensi dari pihak ketiga yang membuat aksesori yang menggunakan port Lightning melalui program Made for iPhone (MFi). Lantas mengapa Apple akhirnya mau kehilangan semua sumber dana tersebut?

Apple dipaksa Uni Eropa, yang mengesahkan undang-undang pada 2022 yang mewajibkan ponsel, tablet, dan kamera yang dijual di wilayah tersebut untuk dilengkapi dengan port USB-C pada akhir tahun 2024.

(brl/red)