Ayaneo 2S, pesaing Steamdeck dengan prosesor Ryzen 7000

Ayaneo 2S, pesaing Steamdeck dengan prosesor Ryzen 7000

Techno.id - Pasar konsol gaming handheld makin ramai saat ini. Terlebih setelah ASUS meluncurkan ROG ALLY untuk menyaingi Steamdeck. Belum lama ini, muncul pemain baru dalam pasar konsol gaming handheld yaitu Ayaneo 2S yang dikembangkan AYA NEO.

Dilansir dari notebookcheck, Ayaneo 2S dikabarkan bakal menggunakan APU (accelerated processing unit) lansiran AMD kendati AYA NEO belum mengumumkan secara resmi APU apa yang akan digunakan. Namun informasi yang mencuat, AMD Ryzen 7000 seri U menjadi pilihan. AYA NEO kemungkinan akan menggunakan AMD Ryzen 7 7840U sebagai APU-nya.

Secara performa, AMD Ryzen 7 7840U memiliki spesifikasi yang dapat dikatakan cukup tinggi. Dilansir dari amd, APU ini memiliki 8 core dan 16 threads serta memiliki kecepatan 3.30GHz.

Ayaneo 2S, pesaing Steamdeck dengan prosesor Ryzen 7000 foto: techpowerup

APU ini juga menggunakan kartu grafis iGPU (integrated Graphical Processing Unit) AMD Radeon 780M. iGPU yang menggunakan arsitektur RDNA 3 ini memiliki 12 RDNA compute unit sebanyak 3 buah. Kartu grafis tersebut akan mentenagai layar IPS sebesar 7-inch beresolusi full-hd (1920 x 1080 pixels).

Pada segi memori, konsol gaming handheld ini menggunakan RAM berkapasitas 16GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal, Ayaneo 2S menggunakan penyimpanan internal berkapasitas 512GB.

Secara spefikasi, Ayaneo 2S mirip dengan Ally dan lebih tinggi dari Steamdeck. Hal ini mengingat Steamdeck menggunakan APU AMD Aerith yang hanya memiliki 8 cores dan 8 threads serta menggunakan iGPU 2 compute unit berarsitektur RDNA 2.

Secara perfoma kemungkinan juga demikian. Dilansir dari hothardware, APU AMD 7 7840U memiliki spesifikasi yang mirip dengan APU yang digunakan ROG Ally yaitu AMD Ryzen Z1. Kendati demikian, APU ini kemungkinan akan memiliki performa yang dibatasi mengingat TDP (thermal design power) AMD Ryzen 7 7840U yang jauh lebih tinggi dari AMD Ryzen Z1. Sebagai perbandingan, AMD Ryzen 7 7840u memiliki TDP sebesar 35-54W sedangkan AMD Ryzen Z1 hanya 15-30W. Jadi, kemungkinan AYA NEO akan membatasi TDP APU tersebut sampai 15 W saja yang tentunya akan berpengaruh pada performa konsol gaming handheld ini.

Nih perbandingan spesifikasi ROG Ally, Steamdeck, dan Ayaneo 2S

Ayaneo 2S, pesaing Steamdeck dengan prosesor Ryzen 7000 foto: hothardware

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)