Sony dikabarkan sedang merancang perangkat mirip Steamdeck untuk memainkan PS5 dari jarak jauh

Sony dikabarkan sedang merancang perangkat mirip Steamdeck untuk memainkan PS5 dari jarak jauh

Techno.id - Sony memang dikenal sebagai produsen konsol yang sangat inovatif. Selain itu, konsol buatan Sony juga sangat laris di pasaran. Hal ini tentunya tanpa mengecualikan konsol handheld mereka seperti PSP (Playstation Portable) dan PS VITA (Playstation Vita).

Kedua konsol gaming handheld tersebut memang sudah tidak lagi dijual oleh Sony. PS VITA sendiri sudah dihentikan produksinya oleh Sony pada 2019 lalu. Saat itu, Sony juga tidak memberikan konfirmasi terkait suksesor dari PS VITA. Terlebih lagi, Sony juga seakan tidak memberikan jawaban atas hadirnya konsol gaming handheld seperti Nintendo Switch atau bahkan Steamdeck. Hal ini mengingat ASUS, Logitech, dan Razer memberikan jawaban mereka dengan merilis konsol gaming handheld.

Dilansir dari insider-gaming, Sony sedang mengembangkan perangkat Playstation Handheld. Diberi nama Q Lite, perangkat ini akan memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan PS5 dari jarak jauh melalui jaringan internet. PS5 dan PS4 sebenarnya memang sudah memiliki fitur remote access dimana pengguna dapat memainkan game di PS5 melalui komputer. Jadi, perangkat ini dapat dikatakan sebagai remote playing device saja karena sangat bergantung pada PS5 sebagai hostnya.

Menurut insider-gaming, perangkat ini tidak dapat memainkan game melalui cloud. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan konsol gaming handheld lain seperti Steamdeck, Nintendo switch, dan lain sebagainya. Konsol gaming handheld umumnya dapat memainkan game yang terinstal secara lokal di perangkat tersebut. Kedepannya, beberapa konsol gaming handheld seperti Steamdeck dan Nintendo Switch juga dapat digunakan untuk cloud-gaming.

Menurut insider-gaming, Q Lite akan mendukung streaming game hingga resolusi Full-HD (1920x1080) pada 60FPS. Secara bentuk, purwarupa awal dari perangkat ini dikabarkan akan terlihat seperti controller PS5 namun dengan tambahan LCD Touchscreen sebesar 8-Inch ditengahnya. Perangkat ini juga dikabarkan akan memiliki fitur controller Dual-Sense 5 seperti adaptive trigger dan haptic feedback. Selain itu, perangkat ini juga akan memiliki fitur yang umum dimiliki oleh konsol gaming handheld seperti tombol volume, speakers, audio input, dan lain sebagainya.

Belum ada konfirmasi resmi kapan perangkat ini akan dirilis secara resmi ke publik. Menurut insider-gaming, perangkat ini akan rilis setelah Sony merilis PS5 dengan Detachable Disc Drive dan sebelum PS5 Pro. Jadi, perangkat ini kemungkinan akan rilis pada tahun 2024 mendatang.

Magang: Nabiel Mumtaz

(brl/guf)