Apple dikabarkan bakal menyederhanakan jajaran iPad tahun depan

Apple dikabarkan bakal menyederhanakan jajaran iPad tahun depan

Techno.id - Apple dikabarkan saat ini sedang berupaya untuk menyederhanakan jajaran produk iPad yang akan dirilis tahun depan. Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan bahwa perusahaan asal Cupertino ini akan memangkas seri tabletnya. Tujuannya untuk membantu pengguna memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Seperti diketahui, ada cukup banyak varian iPad yang terkadang membuat pengguna sulit untuk memutuskan, mana yang cocok untuk mereka. Jajaran produk yang ada saat ini termasuk iPad Mini, iPad Air, iPad Pro, dan iPad biasa. Yang lebih membingungkan lagi, Apple juga menjual model iPad tahun sebelumnya dengan harga yang sedikit lebih murah.

Ide Apple semula menawarkan berbagai tablet dengan berbagai ukuran dan anggaran. Hal ini mungkin dipandang sebagai langkah bisnis yang bisa menjaring konsumen. Namun faktanya tidak berjalan dengan baik karena Apple menawarkan terlalu banyak pilihan bagi konsumen.

Apple dikabarkan bakal menyederhanakan jajaran iPad tahun depan foto: freepik/rawpixel.com

Selain itu tidak banyak pengguna yang mengetahui perbedaan antara spesifikasi teknis masing-masing iPad. Ada perbedaan kecil di antara iPad, tapi ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan, yaitu harga.

Misalnya, iPad generasi ke-9 tersedia dengan harga USD329 (atau sekitar Rp 5,1 juta, dengan kurs Rp 15.620 per USD1). Tetapi model generasi ke-10 dibanderol seharga USD449 (atau sekitar Rp 7 jutaan). Sementara iPad Air generasi ke-5, dibanderol dengan harga USD599 (atau sekitar Rp 9,3 jutaan), atau USD200 (sekitar Rp 3,1 jutaan) lebih murah daripada iPad Pro yang seharga USD799 (sekitar Rp 12,4 jutaan).

Jajaran harga tersebut membuat pengguna kesulitan memutuskan iPad mana yang akan dibeli. Namun kebingungan tidak berakhir di sisi harga, Apple memiliki berbagai macam aksesoris untuk setiap model. Tidak jelas aksesori mana yang akan bekerja dengan model iPad tertentu, misalnya, iPad generasi lama tidak mendukung Apple Pencil yang baru saja diluncurkan. Demikian pula, iPad terbaru tidak benar-benar berfungsi dengan Apple Pencil kelas atas.

Apple dikabarkan bakal menyederhanakan jajaran iPad tahun depan foto: freepik

Padahal satu dekade lalu, Apple hanya memiliki 2 iPad, yang berukuran biasa, dan tablet yang lebih besar. Mereka juga menjual model tahun sebelumnya untuk menarik pembeli dengan harga yang lebih rendah, tetapi ini tidak menyebabkan banyak masalah seperti jajaran produk yang berantakan seperti yang kita lihat sekarang.

Untuk mengatasi hal ini, Apple beralih ke salah satu produknya, Mac. Di mana MacBook memiliki basis pengguna yang cukup besar yang lebih memilihnya untuk sekolah, bekerja, dan bahkan untuk penggunaan kasual. Harganya lebih mahal daripada iPad, tetapi faktor utamanya adalah Apple memiliki lebih sedikit pilihan. Misalnya, model MacBook Air 13 inci dan 15 inci, dan MacBook Pro 14 inci dan 16 inci, sehingga lebih memudahkan pengguna untuk memilih perangkat yang cocok.

(brl/red)