Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPad Mini dan MacBook yang lebih besar dengan panel OLED

Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPad Mini dan MacBook yang lebih besar dengan panel OLED

Techno.id - Apple dikabarkan akan mengumumkan beberapa iPad baru pada Oktober lalu, namun pada kenyataannya Apple justru meluncurkan Apple Pencil baru dengan port USB-C. Raksasa teknologi ini disebut-sebut telah mengembangkan cara untuk bertransisi dari layar LCD ke layar OLED untuk tabletnya.

Sebuah laporan dari ET News mengatakan bahwa Apple sedang mengerjakan 4 model iPad baru yang akan diluncurkan dalam 3 tahun ke depan. Yang pertama adalah model iPad Pro 11 inci dan iPad Pro 12,9 inci. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, perusahaan asal Cupertino ini diperkirakan akan merilis iPad barunya pada Maret 2024. Ini bisa berupa tablet 11 inci dan 12,9 inci, kedua perangkat tersebut diharapkan mendukung tampilan ProMotion dengan kecepatan refresh 120Hz yang mirip dengan tampilan pada model iPhone Pro.

iPad Pro generasi berikutnya dikatakan akan ditenagai chip M3. Apple baru-baru ini juga mengumumkan beberapa iMac dan MacBook baru dengan SoC baru, jadi sangat mungkin tablet teratas bisa dilengkapi dengan chip serupa. Kabarnya, perangkat yang akan datang akan hadir dengan Magic Keyboard yang didesain ulang, yang akan memiliki trackpad yang lebih besar. Ini bisa menawarkan pengalaman yang mirip dengan keyboard laptop.

Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPad Mini dan MacBook yang lebih besar dengan panel OLED foto: apple

iPad Mini generasi saat ini dari Apple menggunakan layar 8,3 inci. Apple kabarnya berencana untuk meningkatkan ukuran layar iPad Mini sebesar 0,4 inci, yaitu menjadi OLED 8,7 inci pada tahun 2026. Seperti yang dicatat 9to5Mac, salah satu keluhan umum di kalangan pengguna iPad Mini adalah pengalaman menggulir yang bergetar, alias jelly scrolling pada panel LCD.

Apple kemungkinan akan mengatasi masalah ini dengan meningkatkan perangkat keras LCD pada model yang akan datang, bersama dengan peningkatan kinerja, seperti chip baru, yang seharusnya memberikan pengalaman yang jauh lebih baik daripada model saat ini.

Kabarnya Apple juga sedang mengerjakan iPad Air 10,9 inci baru dengan layar OLED, dan dapat diumumkan pada tahun 2026. Yang mengejutkan, ada versi yang lebih besar dari iPad Air yang sedang dikembangkan, dengan layar 12,9 inci. Perangkat yang lebih besar ini dapat diumumkan pada tahun 2027. Tidak seperti model iPad Pro, perangkat lain akan menampilkan panel LTPS, sehingga kecepatan refresh bisa tetap terbatas pada 60Hz.

Apple akan merilis MacBook OLED pada tahun 2025

Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPad Mini dan MacBook yang lebih besar dengan panel OLED foto: apple

Apple juga akan melengkapi laptopnya dengan layar OLED dalam waktu dekat. Perangkat pertama yang akan mendapatkan panel baru ini adalah MacBook Pro 16 inci, yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2025. Apple juga akan menghadirkan layar kelas atas ke seri MacBook Air dengan model 13 inci dan 15 inci pada tahun 2026, dan untuk MacBook Pro 14 inci di tahun yang sama.

Mengingat kabar ini berbicara tentang rencana jangka panjang, disarankan untuk menanggapinya dengan hati-hati, karena banyak hal dapat berubah secara drastis seiring dengan perkembangan teknologi dan pasar.

(brl/red)