Berbeda dengan iPhone, begini cara memeriksa kesehatan baterai iPad

Berbeda dengan iPhone, begini cara memeriksa kesehatan baterai iPad

Techno.id - Berbeda dengan iPhone atau MacBook, tampaknya Apple memberikan perlakuan berbeda dengan iPad. Apple tampaknya menyembunyikan informasi kesehatan baterai iPad. Untungnya, beberapa solusi dapat membantu kamu untuk mengetahui kesehatan baterai. Kamu dapat mengungkapkannya dengan menggunakan teknik berikut ini.

Temukan pengisian daya maksimum dan jumlah siklus dalam catatan

iPad sebenarnya mencatat persentase pengisian daya baterai maksimum dan jumlah siklus baterai yang dapat kamu gunakan untuk menginterpretasikan kondisi kesehatan baterai. Untuk mengaksesnya, buka Pengaturan > Privasi & Keamanan > Analisis & Peningkatan > Data Analisis dan ketuk file Analisis terbaru di dekat bagian atas layar.

Berbeda dengan iPhone, begini cara memeriksa kesehatan baterai iPad foto: howtogeek

Setelah itu kamu dapat menyalin konten log, lalu menempelkannya ke dalam catatan baru atau aplikasi pengeditan teks lainnya. Bisa juga menggunakan opsi Bagikan untuk mengirimkannya ke perangkat lain (seperti Mac) lalu buka dengan editor teks.

Lalu cari informasi untuk MaximumCapacityPercent. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan Find in Note jika menggunakan Apple Notes. Di samping label itu, kamu akan menemukan sebuah angka, yang merupakan kapasitas baterai maksimum saat ini.

Anda juga dapat mencari CycleCount di log yang sama untuk menemukan entri dengan angka di sebelahnya yang menjelaskan jumlah siklus baterai saat ini. Apple menyatakan bahwa iPad modern harus mempertahankan sekitar 80% dari total kapasitas baterai setelah 1000 siklus penuh.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Berbeda dengan iPhone, begini cara memeriksa kesehatan baterai iPad foto: imazing.com

Jika tidak berhasil dengan metode sebelumnya, kamu dapat menggunakan aplikasi bernama iMazing untuk mengukur kesehatan baterai iPad. Aplikasi ini mengharuskan kamu mencolokkan iPad ke komputer Mac atau Windows. Ini adalah aplikasi berbayar yang dilengkapi dengan uji coba gratis yang dapat kamu aktifkan.

Unduh iMazing ke komputer, lalu instal dan jalankan aplikasinya. Klik Lanjutkan Uji Coba untuk mengaktifkan uji coba gratis. Lalu hubungkan iPad ke komputer dan pastikan kamu memberikan izin dengan menggunakan perintah Trust pada iPad kamu dan perintah Allow pada Mac.

Klik iPad kamu di kolom sebelah kiri, diikuti dengan ikon baterai di sudut kanan bawah layar. Abaikan persentase di bagian atas jendela dan lihatlah data tambahan yang disediakan, khususnya Battery Effective Max. Charge untuk melihat kapasitas maksimum baterai dan Battery Charge Cycles untuk melihat berapa banyak siklus yang telah diselesaikan baterai iPad kamu.

(brl/red)