7 Platform menulis berbasis AI terbaik yang wajib kamu coba

7 Platform menulis berbasis AI terbaik yang wajib kamu coba

Techno.id - Jika kamu memiliki kesulitan dalam menulis, kini tidak terlalu sulit untuk belajar. Di era teknologi seperti sekarang, banyak alat (tools) berbasis kecerdasan buatan (artificial inteliigence/AI) yang dapat membantu kamu.

Tidak hanya dapat menghemat waktu kamu dalam menulis, tetapi alat berbasis AI ini juga bisa memberi kamu banyak ide kreatif. Berikut beberapa platform menulis berbasis AI yang wajib kamu coba yang dapaty disesuaikan dengan kebutuhan dan profesi kamu.

1. Jasper, untuk pemasar profesional dan blogger

7 Platform menulis berbasis AI terbaik yang wajib kamu coba foto: jasper

Didukung berbagai model bahasa, termasuk GPT-4, Jasper adalah salah satu perangkat lunak penulisan AI yang paling popular. Baik kamu perlu membuat salinan iklan, posting blog, atau teks media sosial, platform ini memiliki lebih dari 50 templat.

Dirancang untuk para profesional di industri pemasaran dan konten, Jasper memudahkan pembuatan konten untuk seluruh kampanye kamu. Platform ini juga memiliki model penulisan posting blog bentuk panjang dengan fokus pada SEO. Sebelum mulai menulis, kamu dapat menggunakan Obrolan Jasper untuk membantu kamu dalam tahap penelitian.

Untuk memastikan nada yang konsisten di semua tulisan kamu, Jasper mempelajari dan mengadopsi suara merek kamu dan menyimpan detail tentang proyek kamu di basis pengetahuannya.

Jasper memiliki komunitas dan tim dukungan yang cepat, serta jmenyediakan pelatihan gratis di situs webnya untuk membantu orang memanfaatkan alat ini sebaik-baiknya.

2. ClosersCopy, untuk konten yang dapat dioptimalkan mesin pencari

7 Platform menulis berbasis AI terbaik yang wajib kamu coba foto: closerscopy

ClosersCopy adalah alat tulis bertenaga AI luar biasa dengan fokus pada penulisan yang dioptimalkan untuk SEO. Ini memiliki ratusan kerangka kerja dan alur kerja pemasaran yang telah dibuat sebelumnya yang dapat membantu kamu membuat salinan.

Apa yang membuat ClosersCopy menjadi pilihan yang baik untuk penulisan SEO adalah karena platform ini memiliki alat audit dan perencana SEO bawaan. Fitur audit SEO membandingkan draf kamu dengan halaman peringkat teratas di Google dan memberikan saran untuk perbaikan. Demikian juga, perencana SEO membantu kamu membuat garis besar untuk posting blog menggunakan analisis pesaing.

ClosersCopy memiliki tiga model AI yang berbeda, satu untuk copywriting, satu lagi untuk artikel, dan yang ketiga untuk storytelling. Terlepas dari lusinan fitur, platform ini memiliki dasbor dan editor teks yang bersih dan sederhana.

3. Rytr, alat serbaguna untuk penggunaan sehari-hari

7 Platform menulis berbasis AI terbaik yang wajib kamu coba foto: rytr

Jika kamu mencari alat tulis AI murah yang berfungsi, cobalah Rytr. Baik kamu ingin menulis posting blog, lirik lagu, salinan pemasaran, teks, skrip, atau deskripsi produk, Rytr memiliki templat untuk hampir semua hal. Lebih baik lagi, kamu dapat menggunakannya untuk menghasilkan gambar AI dan berbicara dengan chatbot-nya.

Rytr memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan kemampuan untuk menghasilkan teks lebih dari 30 bahasa. Namun, membuat draf pertama membutuhkan sedikit waktu. Kamu dapat menyesuaikan output dan menggunakan alat pengeditannya untuk menyempurnakan draf pertama kamu.

Jadi, jika kamu tidak ingin menggunakan penulis AI, Rytr mungkin adalah pilihan terbaik. Meskipun tidak menawarkan semua fitur, platform ini adalah alat serbaguna yang dapat digunakan untuk penulisan profesional dan pribadi.

4. Writesonic, untuk membuat konten dalam berbagai format

7 Platform menulis berbasis AI terbaik yang wajib kamu coba foto: writesonic

Didukung GPT, Writesonic lebih dari sekadar penulis AI. Platform ini memiliki generator gambar dan suara, kemampuan untuk membuat bot AI khusus, dan chatbot bernama Chatsonic.

Writesonic memiliki ratusan templat berbeda yang memungkinkan pengguna membuat berbagai jenis konten tertulis, mulai dari artikel dan esai hingga halaman arahan dan deskripsi YouTube.

Apa yang membuat Writesonic menonjol adalah karena menawarkan penulis artikel berdurasi panjang bahkan dengan paket gratis. Hanya dengan memasukkan topik, artikel referensi, dan nada pilihan, kamu dapat membuat artikel lengkap dengan satu klik.

Demikian juga, editor Writesonic membagi layar menjadi dua bagian, satu untuk membuat teks dan yang lainnya untuk mengedit dan memformatnya, membuat proses penulisan menjadi lebih mudah.

(brl/red)