Meta sedang menguji coba AI pengenalan objek baru pada kacamata pintar Ray-Ban

Meta sedang menguji coba AI pengenalan objek baru pada kacamata pintar Ray-Ban

Techno.id - Meta meningkatkan kemampuan kacamata pintar Ray-Ban melalui fitur AI multimodal. Alat AI baru ini memungkinkan kacamata pintar untuk merespons pertanyaan tentang apa yang dilihat dan didengar pemakainya.

Dalam unggahan di akun instagram pribadinya, Mark Zuckerberg mendemonstrasikan kemampuan AI multimodal pada kacamata Ray-Ban ini. Dalam unggahan tersebut, Mark memilih sebuah kemeja di depan kacamata pintar dan meminta AI untuk menyarankan celana yang cocok dengan desain kemeja tersebut.

View this post on Instagram

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Sayangnya,perangkat ini masih dalam tahap akses awal. Hanya sejumlah kecil orang di Amerika Serikat yang bisa ikut serta dalam pengujian sistem baru ini. Sampai saat ini, belum ada tanggal rilis resmi untuk alat AI ini. Intinya, pembaruan AI multimodal baru ini membawa kacamata pintar Meta Ray-Ban lebih dekat dengan konsep augmented reality.

Berkat kemampuan pengenalan objek yang digerakkan AI yang cerdas ini, pengguna dapat bertanya kepada asisten virtual tentang apa pun yang mereka lihat dengan mengucapkan frasa kunci "Hei Meta." Pengguna juga dapat meminta rangkuman dan terjemahan.

Sementara Meta mengambil pendekatan yang lebih halus terhadap augmented reality melalui kacamata pintar Ray-Ban, Samsung dan Apple sedang mengembangkan headset XR lengkap yang mirip dengan jajaran Meta Quest Mixed Reality. Kedua raksasa teknologi ini diperkirakan akan merilis headset XR mereka pada tahun 2024.

(brl/red)