Telkomsel gandeng ITB hadirkan laboratorium riset 5G Hive

Telkomsel gandeng ITB hadirkan laboratorium riset 5G Hive

Techno.id - Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia melalui pusat riset teknologi 5G Hive. Kolaborasi ini tidak hanya merefleksikan komitmen kedua institusi dalam memanfaatkan teknologi terkini untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan ekonomi digital, tetapi juga simbol kemajuan teknologi di Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, kedua institusi melakukan riset inovatif bersama yang berfokus pada pengembangan ekosistem 5G dengan berbagai pemanfaatan usecase 5G di tingkat lanjutan, seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), dan Smart City.

Selain itu, kolaborasi yang menjadi bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini turut mendukung pengembangan keterampilan tenaga kerja untuk menjawab tantangan di masa depan serta memelopori pertumbuhan pemanfaatan teknologi 5G yang dapat diakses semua lapisan masyarakat Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan.

Telkomsel gandeng ITB hadirkan laboratorium riset 5G Hive foto: telkomsel

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan, kolaborasi ini merupakan komitmen bersama untuk memimpin transformasi digital di Indonesia melalui pengembangan infrastruktur dan solusi 5G.

Menurutnya, inisiatif kolaborasi strategis ini juga selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk bersama-sama menciptakan terobosan sekaligus menjadi pionir inovasi 5G yang mendorong Indonesia memasuki era baru kemajuan teknologi di kancah global.

Kolaborasi yang merupakan bagian dari implementasi prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) ini diharapkan dapat menjadikan 5G Hive sebagai pusat inovasi yang juga dapat mengembangkan dan mempersiapkan talenta digital yang siap bersaing di kancah global.

Sementara Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung, I Gede Wenten mengungkapkan, melalui kolaborasi ini, kedua institusi dapat merancang struktur masa depan digital Indonesia melalui pemanfaatan teknologi 5G.

Telkomsel gandeng ITB hadirkan laboratorium riset 5G Hive foto: telkomsel

Potensi dan dampak strategis yang dapat dihasilkan melalui kolaborasi riset antara Telkomsel dan ITB dalam inisiatif 5G Hive ini mencakup berbagai area yang krusial dan inovatif seperti Optimasi Jaringan 5G yang meningkatkan kinerja jaringan untuk menunjang efisiensi dan kecepatan akses internet.

Lalu inovasi B2B seperti Drone Application yang mengembangkan aplikasi drone untuk keperluan industri, dan Smart Video Analytic yaitu riset di bidang analisis video canggih untuk keamanan dan manajemen data yang dapat meningkatkan kapasitas Telkomsel dalam menyediakan solusi berbasis AI untuk bisnis.

Kemudian potensi pengembangan IoT dengan melakukan eksplorasi teknologi IoT untuk berbagai aplikasi bagi smart home hingga solusi industri yang mengintegrasikan teknologi cerdas. Potensi ESG dengan melakukan penelitian yang berfokus pada aspek ESG serta inovasi dalam teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

(brl/red)