5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series

5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series

5 Sorotan acara Apple Wonderlust

3. Apple perkenalkan ray tracing pada iPhone 15

5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series foto: apple

Dalam acara peluncuran Apple menyebutkan untuk model iPhone 15 Pro dan Pro Max sangat menjanjikan untuk pengalaman bermain game terbaik di smartphone berkat fitur pelacakan sinar (ray tracing) berbasis perangkat keras. Teknologi ini dimungkinkan berkat perubahan yang dilakukan Apple pada chipset A17 Pro yang menggerakkan perangkat.

Apple mengklaim, iPhone 15 Pro ditenagai chipset A17 Pro Apple, yang tercepat yang pernah ada di handset. Chip ini merupakan yang pertama di industri ini yang diproduksi menggunakan proses 3 nanometer (nm).

Di antara banyak peningkatan yang ada, terdapat desain ulang terbesar dalam sejarah GPU Apple yang memberikan kinerja 20% lebih cepat secara keseluruhan. GPU A17 Pro adalah desain enam inti yang memberikan kinerja puncak yang lebih baik dan mencapai efisiensi energi yang lebih baik, klaim Apple.

iPhone 15 Pro adalah iPhone pertama yang menyediakan kemampuan pelacakan sinar berbasis perangkat keras, sebuah fitur yang sebelumnya merupakan domain PC gaming kelas atas. Game dan aplikasi lain yang mendukung ray tracing dapat menghasilkan bayangan, air, pencahayaan, dan efek atmosfer yang lebih realistis.

Namun Apple bukanlah perusahaan pertama yang memperkenalkan pelacakan sinar berbasis perangkat keras untuk perangkat seluler. Qualcomm dan Samsung keduanya lebih unggul dengan chip seluler baru yang mampu melacak sinar. Namun, Apple mengatakan bahwa A17 Pro menawarkan kinerja pelacakan sinar tercepat di smartphone mana pun hingga saat ini, lagi-lagi klaim Apple.

4. Apple Watch bersifat netral karbon

5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series foto: apple

Apple Watch adalah salah satu perangkat yang terus menjadi bagian penting dari portofolio perangkat Apple. Dalam acara Wonderlust, Apple membuat perangkat yang bersifat netral karbon. Apple telah menetapkan tujuan agar semua operasinya di seluruh dunia menjadi netral karbon pada tahun 2030.

Karena itu Apple mengumumkan bahwa semua model Apple Watch, termasuk Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, atau Apple Watch SE, jika digunakan dalam kombinasi tertentu, semuanya bersifat netral karbon, di mana dampak yang ditimbulkannya terhadap lingkungan tidak ada.

5. Apple Vision Pro siap diluncurkan pada awal tahun 2024

5 Hal yang menjadi sorotan di acara Apple Wonderlust, bukan sekadar peluncuran iPhone 15 Series foto: apple

Pengumuman penting lain dari Apple pada acara tersebut adalah merilis sebuah informasi baru, yang mengindikasikan bahwa pengembangan headset Vision Pro berada di jalur yang tepat untuk jadwal perilisannya pada awal 2024. Pengumuman ini dibungkus dalam segmen singkat yang membahas perangkat keras Mac yang telah diumumkan di WWDC 2023.

(brl/red)