4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat

4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat

4 Alat kalibrasi monitor

1. Alat kalibrasi warna Windows

4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat foto: tangkapan layar

Untuk memuat alat kalibrasi monitor yang ada di dalam Windows, buka Pengaturan dari menu Start, lalu cari kalibrasi warna tampilan di kotak pencarian di sudut kiri atas. Klik pada hasil pertama yang muncul, dan kamu akan melihat layar baru untuk membantu kamu mengkalibrasi monitor. Klik Berikutnya untuk melanjutkan.

Alat ini akan memandu kamu melalui penyesuaian gamma, kecerahan, kontras, dan keseimbangan warna. Penyesuaian terakhir memastikan bahwa teks dapat dibaca semudah mungkin pada layar.

2. Alat kalibrasi warna macOS

4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat foto: support.apple.com

Pada macOS, kamu bisa meluncurkan alat kalibrasi monitor bawaan dengan membuka menu Apple, lalu memilih Pengaturan Sistem > Tampilan. Klik menu tarik-turun di samping Profil warna dan akan menampilkan profil yang sedang digunakan monitor. Lalu pilih Sesuaikan diikuti dengan ikon plus untuk menemukan kalibrator tampilan.

Alat ini membantu kamu menetapkan kecerahan, kontras, dan warna layar dengan benar. Setelah proses selesai, kamu dapat menyimpan pengaturan kalibrasi sebagai profil warna baru.

3. Alat kalibrasi warna online

4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat foto:photo friday

Ada beberapa alat bantu online gratis yang dapat membantu kamu mengalibrasi monitor. Alat-alat ini bekerja dengan cara yang mirip dengan fungsionalitas yang ada di dalam Windows dan macOS. Salah satunya adalah Photo Friday, yang menampilkan berbagai nada skala abu-abu pada layar.

Sementara Online Monitor Test lebih komprehensif, dengan tes warna dan skala abu-abu, sehingga kamu dapat memastikan bahwa temperatur warna dan keseimbangan warna ditetapkan secara akurat.

Kamu juga bisa menggunakan RTINGS.com, salah satu situs ulasan monitor terbaik di web. Situs ini menawarkan pola yang dapat diunduh yang dapat digunakan untuk mendapatkan mode gambar, kecerahan, kontras, ketajaman, dan temperatur warna monitor dengan tepat.

4. Alat kalibrasi warna profesional

4 Alat kalibrasi monitor komputer agar dapat menampilkan warna dengan akurat foto: datacolor.com

Jika kamu bekerja di bidang seperti desain grafis atau fotografi, pasti memerlukan alat perangkat keras khusus yang disebut colorimeter atau kalibrator warna. Karena harganya cukup mahal, tentu saja alat ini bukan untuk pengguna awam.

Colorimeter mirip dengan kamera digital, hanya saja dibuat untuk tujuan khusus kalibrasi monitor. Alat ini akan memberi pengguna bacaan yang sangat tepat dari warna yang ditampilkan monitor.

Salah satu colorimeter yang paling populer adalah Datacolor Spyder X Pro. Alat ini berada di layar seperti webcam secara terbalik, mengukur output warna, dan secara khusus ditujukan bagi para fotografer.

(brl/red)