Apple sedang mengerjakan monitor Mac yang bisa jadi layar rumah pintar saat dalam mode siaga

Apple sedang mengerjakan monitor Mac yang bisa jadi layar rumah pintar saat dalam mode siaga

Techno.id - Apple saat ini dikabarkan sedang mengembangkan beberapa monitor baru. Seperti diungkapkan reporter Bloomberg, Mark Gurman dalam buletin Power On baru-baru ini, beberapa monitor tersebut kemungkinan besar merupakan penerus Studio Display dan Pro Display XDR, dan satu monitor yang memiliki fitur siaga pintar yang didukung chip iOS onboard.

Jika klaim Gurman akurat, ini bukan pertama kalinya silikon Apple digunakan pada layar eksternal. Apple sudah menyertakan chip A13 khusus di Studio Display 27 inci yang ada saat ini, tetapi fungsinya terbatas untuk menangani fitur kamera dan speaker seperti Center Stage dan audio spasial saat layar digunakan.

Apple sedang mengerjakan monitor Mac yang bisa jadi layar rumah pintar saat dalam mode siaga foto: apple.com

Sementara monitor baru yang diklaim dapat berfungsi ganda tersebut bakal menjadi langkah evolusioner Apple berikutnya. Sangat mungkin perangkat ini mengandalkan versi yang diperluas dari fitur Standby baru di iOS 17.

Perangkat tersebut memperkenalkan fitur layar yang selalu aktif, serupa dengan jajaran smartphone Apple. Artinya monitor tersebut dapat berubah fungsi menjadi layar pintar untuk kebutuhan rumah pintar dalam memonitor berbagai smartthings ketika sedang tidak digunakan atau dalam mode siaga.

Apple sedang mengerjakan monitor Mac yang bisa jadi layar rumah pintar saat dalam mode siaga foto: apple.com

Perangkat baru tersebut kemungkinan akan dijalankan menggunakan chip A16 seperti pada iPhone 14 Pro. Nah akhir tahun ini, Apple akan meluncurkan iOS 17 bersamaan dengan iPhone 15. iOS 17 akan memperkenalkan mode tampilan pintar baru untuk iPhone yang membuat tampilan selalu aktif meniru fitur dan informasi yang akan pengguna lihat di layar pintar Google atau Amazon.

Nah tampilan pintar monitor Mac ini bekerja sedikit mirip dengan fitur iOS 17 tersebut. Namun, meskipun iOS 17 dijadwalkan untuk diluncurkan pada musim gugur ini, Gurman memprediksi bahwa layar Mac baru tersebut akan memasuki pasar paling cepat tahun depan.

(brl/red)