CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 5 Agustus 2015 14:00

Windows 10 kontrol perangkat Android melalui Cortana

Aplikasi perintah suara Cortana di Windows 10 desktop dapat mengontrol berbagai perangkat termasuk smartphone Android.

Windows 10 kontrol perangkat Android melalui Cortana

Techno.id - Kehadiran Windows 10 menandai debut resmi dari fitur Cortana versi desktop. Keduanya seperti pepatah bagai sayur tanpa garam, dua hal yang tak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, Microsoft kembali mempersatukan mereka dalam perangkat desktop.

Kabarnya, Cortana di Windows 10 mampu mengendalikan berbagai perangkat, termasuk ponsel Android. Kabar tersebut memang benar adanya, seorang pengembang bernama Joao Dias adalah aktor di balik kecanggihan itu. Dalam sentuhan tangan dinginnya, Cortana bisa dipadukan dengan AutoRemote dan AutoVoice untuk mengontrol lampu serta menonaktifkan notifikasi ponsel, seperti yang dilansir oleh AndroidPolice (3/8/15).

Dalam video amatir karya Joao Dias terlihat Cortana dapat mengendalikan sebuah lampu dan ponsel Android. Namun, semua itu tidak dijalankan sendiri oleh Cortana. Jika Anda ingin mengontrol berbagai perangkat sama seperti Dias, Anda harus menginstal plugin Tasker, AutoRemote, dan AutoVoice pada perangkat Android Anda.

Tak hanya itu, Anda juga diwajibkan menginstal ekstensi AutoRemote pada browser Google Chrome dan menambahkan ponsel serta tablet sesuai pilihan Anda. Setelah itu, Anda bisa memasukkan file XML ini pada aplikasi Tasker. Terakhir, Anda harus memastikan bahwa Google Chrome merupakan browser default di PC Anda.

Apabila semua persyaratan tadi sudah terpenuhi, maka Anda dapat mengontrol semua perangkat dengan perintah suara Cortana. Selamat mencoba.

WHAT TO READ NEXT ?