Sebangsa-Bank Mandiri persatukan buruh migran pakai aplikasi mobile

Sebangsa-Bank Mandiri persatukan buruh migran pakai aplikasi mobile

Techno.id - Bank Mandiri membuat terobosan melalui kerjasama dengan PT Sebangsa Bersama (Sebangsa) untuk menghadirkan aplikasi Sabahat BMI. Aplikasi yang disediakan khusus bagi buruh migran Indonesia tersebut merupakan sosial media yang berjalan di atas platform Sebangsa.

Sahabat BMI dilahirkan supaya para buruh migran bisa mengakses informasi dan berita up-to-date dari Indonesia serta berbagai hal yang mereka perlukan. Aplikasi berupa sosial media ini diklaim membuat Bank Mandiri menjadi bank pertama di dunia yang memiliki aplikasi khusus bagi buruh migran.

Di dalamnya terdapat berbagai konten yang diperlukan para BMI seperti kanal Fokus BMI (informasi tentang BMI), cerita kampung halaman, hotline call center BMI, serta pembukaan group yang dapat didesain secara personal (customized) sesuai dengan ketertarikan dan kebutuhan BMI. Di samping itu, di aplikasi ini juga tersedia kanal Bapak Asuh yang akan memberikan mentoring dan coaching untuk pengembangan usaha dalam program Mandiri Sahabatku yang diikuti BMI.

Budi Gunadi Sadikin selaku Dirut Bank Mandiri pada peluncuran aplikasi Sahabat BMI mengatakan aplikasi ini didesain untuk menghubungkan BMI-BMI di seluruh dunia. Ia berharap aplikasi ini dapat membuat BMI lebih mudah membentuk satu komunitas global yang memiliki rasa kebersamaan dan semangat nasionalisme kuat untuk bersama-sama maju dan meraih kehidupan yang lebih baik.

"Dalam menyambut HUT kemerdekaan Indonesia ke-70, kami ingin mendedikasikan aplikasi ini kepada para pahlawan devisa Indonesia agar mereka dapat selalu terkoneksi dengan sesama BMI di berbagai penjuru dunia dan keluarga di Indonesia, termasuk kalangan pemerintah yang terkait serta pelaku usaha yang menjadi mentor dan Bapak Asuh, tutur Budi.

Sebangsa-Bank Mandiri persatukan buruh migran pakai aplikasi mobile

Pada tahap awal, aplikasi ini diharapkan dapat menyatukan sedikitnya 50.000 BMI untuk kemudian menjadi pengguna aktif. Atas hal itu, Bank Mandiri akan bekerjasama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Kementerian Luar Negeri serta instansi-instansi terkait yang mengayomi pekerja migran di luar negeri untuk mensosialisasikan aplikasi ini.

Ke depan, platform ini akan kami kembangkan dengan penambahan fitur-fitur yang diharapkan dapat semakin memudahkan BMI dalam melakukan aktivitas rutin, serta mengembangkan diri melalui program Mandiri Sahabatku, tambah Budi.

Agar bisa mengakses Sahabat BMI para BMI bisa mengunduh aplikasi Sebangsa' melalui toko aplikasi Google Play Stote bagi pengguna Android dan Apple Play Store bagi pengguna perangkat berbasis iOS. Aplikasi tersebut tersedia secara gratis.

(brl/red)