CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 28 Februari 2016 15:31

Keaslian aplikasi bisa dilihat dari nama pengembang

Pakar IT: Palsu tidaknya aplikasi bisa dilihat dari identitas pengembang

Keaslian aplikasi bisa dilihat dari nama pengembang

Techno.id - Baru-baru ini, media sosial di Tanah Air sedang dihebohkan dengan aplikasi perbankan palsu yang mengatasnamakan Bank Negara Indonesia (BNI). Aplikasi ini bernama BNI Internet Banking dan dikembangkan oleh Internet Banking LLC.

Menurut seorang pakar IT dari Infosec Consultan, Ruby Alamsyah, mengatakan bahwa palsu tidaknya sebuah aplikasi bisa dilihat dari pengembangnya. Dalam kasus ini, identitas Internet Banking LLC memang sangat tidak berkaitan dengan nama BNI.

"Simpelnya dilihat dari identitas developer-nya. Kalau yang asli, email dari pengembangnya mengatasnamakan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sementara kalau yang tidak (palsu) tertulis Internet Banking LLC," ujar Ruby.

Aplikasi siluman BNI
© 2016 techno.id/Denny Mahardy

Menurutnya, identitas tidak hanya sekadar nama. Identitas, lanjut Ruby, juga dapat berupa alamat email yang terpampang di aplikasi tersebut. Jika dibandingkan, aplikasi buatan Persero itu memang jelas berbeda dengan Internet Banking LLC.

Di tiga aplikasi resmi (BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking dan BNI EXPERIENCE) tertulis alamat email bnicall@bni.co.id. Sedangkan di aplikasi BNI Internet Banking buatan Internet Banking LLC tertulis alamat paketjahildotcom@gmail.com.

"Masih banyak hal lain yang bisa dijadikan parameter. Itu aplikasi yang urutan nomor tiga dari atas (BNI Internet Banking), itu palsu. Jadi, hati-hati untuk masyarakat yang mau menginstal," paparnya seperti dikutip dari Merdeka, Sabtu (27/02).

Menurut pantauan terakhir tim Techno.id, aplikasi siluman ini tersedia di laman resmi Google Play Store. Sementara untuk nama aplikasi dan pengembang serupa tidak ditemukan di halaman iTunes (iOS) maupun BlackBerry Store.

WHAT TO READ NEXT ?