Cortana bakal menyapa Android dan iOS

Cortana bakal menyapa Android dan iOS

Techno.id - Beberapa gadget memiliki fitur asisten pembantu yang memudahkan pengguna dalam segala hal. Belum lama ini, sebuah laporan dari Reuters memberitahukan bahwa Microsoft akan menghadirkan Cortana pada perangkat Android dan iOS. Lalu bagaimana dengan Google Now dan Siri?

Ya, Cortana tidak akan menggantikan asisten virtual yang sudah ada, tetapi hanya menawarkan alternatif untuk pengguna perangkat Android dan iOS. Cortana akan disematkan pada kedua smartphone tersebut dalam bentuk aplikasi mandiri. Sayangnya, belum diketahui kapan hal itu terjadi, seperti yang dikutip dari PhoneArena (3/04/2015).

Walaupun sudah banyak yang mengatakan bahwa Cortana memiliki kemampuan yang menarik, tapi sepertinya akan sulit bila digabungkan ke dalam Android dan iOS. Pasalnya, ketiga asisten pembantu tersebut memang sejak lama bersaing untuk menjadi yang terbaik. Apabila ada dua asisten yang disatukan dalam satu smartphone, kemungkinan sistem operasi mereka akan lebih mengutamakan asisten pembantu miliknya sendiri daripada aplikasi dari luar.

Meski demikian, tidak ada salahnya bila Cortana dicoba dahulu untuk melihat asisten mana yang terbaik.

Selain menyapa perangkat Android dan iOS, Cortana juga akan diintegrasikan dengan Windows 10. Hal ini menunjukkan pula bahwa Cortana akan tersedia pada desktop mulai akhir tahun ini.

(brl/red)