Sekarang lebih aman mengambil uang di ATM melalui aplikasi smartphone

Sekarang lebih aman mengambil uang di ATM melalui aplikasi smartphone

Techno.id - Belakangan ini semakin marak kasus kejahatan yang menimpa masyarakat terkait pencurian uang di bank. Kejadian tersebut ternyata juga sering dialami oleh warga di Amerika Serikat berupa pemalsuan kartu ATM. Dalam melakukan aksinya, para penjahat hanya membutuhkan kartu ATM palsu untuk menduplikat kartu ATM Anda. Hal ini yang membuat sebuah bank di Kanada meningkatkan keamanan pada sistem transaksi mereka.

Salah satu bank di Kanada yakni Bank BMO Harris telah menggunakan aplikasi smartphone dan kode QR (Quick Response) untuk mengambil uang di ATM. Bank ini menjadi yang pertama menawarkan keamanan dari aplikasi smartphone kepada para nasabahnya.

Menurut laporan dari Gizmodo, Bank BMO Harris tidak akan memakai kartu ATM fisik lagi. Para nasabah dapat mengambil uang di ATM melalui pemindaian kode QR yang ditampilkan pada layar mesin ATM. Pengguna layanan ini dipersilahkan memilih jumlah uang yang akan diambil dari aplikasi di smartphone, kemudian pergi ke ATM dan memilih menu untuk pengambilan mobile. Selanjutnya, layar ATM akan menampilkan kode QR yang dapat dipindai menggunakan aplikasi smartphone Anda. Setelah pemindaian selesai, mesin ATM akan mengeluarkan uang Anda.

Sistem keamanan tersebut sepertinya sangat meyakinkan. Jika pencuri ingin mengambil uang Anda, mereka harus memiliki smartphone dan password aplikasi dari Bank. Hal ini jelas akan menyulitkan para penjahat, melihat smartphone dan password aplikasi selalu berada di genggaman Anda.

Rencananya, Bank tersebut akan menyediakan layanan keamanan ini pada 750 ATM pada bulan Juni mendatang. Bank BMO Harris berharap agar layanan transaksi terbaru mereka dapat diikuti oleh bank-bank lainnya.

(brl/red)