CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 12 Januari 2016 07:00

Berapa banyak pengguna aplikasi News di iOS? Apple saja tak tahu

"Kami sedang memperbaikinya, tetapi penggunanya di bawah target kami."

Berapa banyak pengguna aplikasi News di iOS? Apple saja tak tahu

Techno.id - WSJ.com (10/01/16) telah melaporkan fakta miring yang datang langsung dari orang dalam Apple. Eddy Cue, Senior VP Internet Software dan Services Apple, mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan berapa banyak pengguna aplikasi News yang mereka luncurkan September lalu.

Eddy mengaku pihaknya memang lalai karena terlalu fokus ke aspek lain di aplikasi ini. "Kami sedang memperbaikinya, tetapi penggunanya di bawah target kami. Kami pun tidak tahu berapa banyak pengguna pastinya," akunya. 

Di sisi lain, terungkapnya fakta ini membuat Apple seakan-akan tak mempedulikan lebih dari 100 media massa dari seluruh dunia yang sudah mereka gandeng. Apalagi, perusahaan dari Cupertino itu sebelumnya sempat menyebut pengguna aplikasi News mencapai 40 juta dengan validitas yang dipertanyakan. Namun menurut Eddy, dalam hal ini lebih baik Apple menyebut angka yang lebih rendah dibanding faktanya daripada mengklaim angka pengguna yang terlampau tinggi.

Sementara itu bagi para mitra pewarta, jumlah pasti user News dirasa penting. Sebab, statistik tersebut bisa mereka jadikan acuan untuk menjual iklan pada user yang tepat.

Sebagai gambaran, media massa online yang tergabung di aplikasi News bisa mengantongi 100 persen revenue kalau mereka menjual iklan mereka sendiri di aplikasi tersebut. Sedangkan jika mereka beriklan diwakili oleh Apple, mereka hanya kebagian porsi sebesar 70 persen. Adapun beberapa nama portal berita populer yang menggunakan aplikasi News, seperti Business Insider, The Wall Street Journal, dan Time Inc.

News app sendiri dikenalkan bersamaan dengan iOS 9 sebagai aplikasi bawaan sistem operasi tersebut. Aplikasi kurator berita ini bisa dibilang mirip dengan Flipboard atau Instant Articles buatan Facebook.

WHAT TO READ NEXT ?