CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 11 Januari 2016 18:00

Apple Music capai 10 juta pelanggan dalam 6 bulan

Apple Music diprediksi akan menjadi layanan musik berlangganan terbaik di tahun 2017.

Apple Music capai 10 juta pelanggan dalam 6 bulan

Techno.id - Bulan Oktober kemarin, Apple Music dilaporkan telah mengantongi 6,5 juta pelanggan berbayar dalam tiga bulan pertama. Kini, giliran Financial Times yang melaporkan bahwa Apple Music sudah mempunyai 10 juta pelanggan. Ini artinya, Apple Music sudah digunakan oleh 10 juta pelanggan dalam enam bulan sejak peluncuran perdana.

Terkait hal ini, analis industri musik, Mark Mulligan dari Midia Research mengatakan bahwa Apple memiliki potensi untuk menjadi layanan musik berlangganan terbaik pada tahun 2017, seperti yang dikutip dari AppleInsider (10/01/2016).

Namun di balik kesuksesan tersebut, ada beberapa lini yang mengalami kerugian, terutama penjualan album dan download lagu. Menurut Nielsen Music total penjualan album di Amerika Serikat telah menurun 9 persen pada tahun 2014, sementara lagu download individual menurun hingga 12 persen. Sementara itu, layanan streaming musik telah melonjak naik hingga lebih dari 50 persen.

Berkat prestasi ini, Apple akan menambahkan beberapa fitur baru tahun ini, antara lain format audio Hi-Res 96kHz, sampling rate 24bit untuk pelanggan Apple Music, dan kemampuan output port Lightning. Sebelumnya, Apple juga telah menyediakan layanan streaming musiknya ini pada perangkat Android.

WHAT TO READ NEXT ?