Terlalu sering menggunakan smartphone bisa ganggu fungsi tangan Anda

Terlalu sering menggunakan smartphone bisa ganggu fungsi tangan Anda

Techno.id - Sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti asal Suleyman Demirel University menemukan bahwa terlalu sering menggunakan smartphone dapat mengganggu fungsi dari tangan Anda. Menurut Esra Erkol peneliti utama dalam proyek ini, terlalu lama menggenggam smartphone dapat memperbesar dan mengganggu saraf median (saraf yang terentang antara lengan bawah dan telapak tangan di dalam lorong karpal) Anda.

Seperti dilansir oleh NDTV (13/6/15), dalam penelitian yang melibatkan 102 mahasiswa dan skala penilaian ketergantungan terhadap ponsel pintar Smartphone Adiction Scale, didapatkan kesimpulan bahwa rasio saraf median secara signifikan lebih tinggi pada kelompok partisipan yang terlalu sering menggunakan smartphone. Selain itu, kelompok partisipan yang terlalu sering menggenggam smartphone juga menunjukkan pembesaran FPL tendon (struktur dalam tubuh yang lentur dan berfungsi untuk menghubungkan otot ke tulang). Bahkan, kelompok partisipan yang terlalu sering menggunakan smartphone juga memiliki risiko lebih besar terserang nyeri pada ibu jari karena terlalu sering mengetik atau menekan layar pada smartphone partisipan.

Dalam penelitian tersebut, Erkol dan timnya mengungkapkan solusi untuk permasalahan yang dialami hampir sebagian besar mahasiswa tersebut. Dalam jurnalnya, Erkol menuliskan bahwa menggunakan dua tangan untuk mengetik atau menekan layar smartphone mengurangi efek nyeri yang diakibatkan jika hanya menggunakan satu tangan saja. Erkol juga mengatakan bahwa mengurangi waktu akses terhadap smartphone selama sehari juga bisa mengurangi efek buruk smartphone pada fungsi tangan. Seperti diketahui, kebanyakan mahasiswa atau remaja menghabiskan tiga jam waktu mereka selama sehari untuk bermain-main dengan smartphonenya, entah itu untuk browsing internet, mengetik SMS atau email, atau bahkan bermain games.

(brl/red)