Tahun 1974, komputer ini sudah bisa bilang: "Saya mau pesan pizza"

Tahun 1974, komputer ini sudah bisa bilang: "Saya mau pesan pizza"

Techno.id - Ternyata, lebih dari 40 tahun yang lalu, teknologi terbukti dapat menggerus batasan manusia dalam hal komunikasi. Hal ini dirasakan langsung oleh Donald Sherman, penderita sindrom Mbius. Karena penyakit langka tersebut, ia pun kesulitan untuk membuat mimik muka dan berbicara. Namun, berkat bantuan teknologi, keterbatasan itu tak menghalanginya untuk bisa berkomunikasi.

Suatu hari, tepatnya pada 4 December 1974, Sherman untuk pertama kali dalam sejarah hidupnya berhasil memesan pizza melalui telepon. Jalan yang dilalui Sherman ialah dengan mengoperasikan sebuah sistem text-to-speech dalam sebuah komputer yang diberi nama "Alexander". Jelas saja, inovasi dari John Eulenberg dan J. J. Jackson itu tak sesederhana sekarang. Seperti diwartakan oleh Wired (30/1/15), sistem tersebut masih bekerja menggunakan komputer mainframe CDC 6500 dan sebuah peranti pembuat suara dalam bentuk gelombang suara (voice synthesizer).

Dalam video yang diunggah oleh Eulenberg tersebut, Sherman tampak asyik mengoperasikan Alexander di laboratorium bahasa Universitas Michigan. Ia pun mencoba menghubungi beberapa restoran pizza, tetapi banyak di antara mereka yang menolak hasrat Sherman untuk segera melahap makanan khas Italia itu. Bisa jadi, mereka merasa sedang dikerjai saat mendengar suara Alexander yang aneh. Setelah beberapa kali menerima penolakan, pada akhirnya ia pun sukses memesan sebuah pizza. Tak seperti yang lain, customer service terakhir yang dihubungi tersebut dengan sabar mengikuti titah demi titah Alexander, tentunya dengan suara khasnya yang terbata-bata.

Momen yang berhasil diabadikan oleh State News ini pun turut membuktikan bahwa Siri mempunyai nenek moyang yang tak kalah canggih di masanya, yakni Alexander.

(brl/red)