Kereta maglev di Jepang pecahkan rekor baru melaju hingga 600 Km/Jam

Kereta maglev di Jepang pecahkan rekor baru melaju hingga 600 Km/Jam

Techno.id - Selama 12 tahun terakhir, perusahaan kereta api Jepang telah memegang rekor untuk kereta maglev tercepat dunia. Terakhir tahun 2013 kemarin, sebuah perusahaan kereta Jepang meluncurkan kereta maglev MLX01 berkecepatan 581Km/jam. Kereta ini merupakan yang tercepat hingga sekarang.

Namun, perusahaan tersebut mengumumkan kembali bahwa keretanya sekarang bisa melebihi kecepatan sebelumnya. Kereta maglev yang diujikan di jalur Yamanashi, Jepang ini mampu melaju hingga kecepatan 590 Km/jam. Sebuah capaian rekor kecepatan baru yang sangat sulit untuk diungguli oleh kereta manapun.

Juru bicara perusahaan kereta api Jepang mengatakan bahwa kecepatan tersebut masih terus meningkat pada tes berikutnya. Bahkan, para insinyur di sana mengklaim keretanya bisa melaju hingga kecepatan 600 Km/jam.

Rencananya kereta ini akan dikhususkan untuk kalangan pebisnis saja. Pasalnya, para pebisnis di Jepang sangat membutuhkan transportasi yang cepat untuk menunjang karir mereka. Agar para penumpang lebih nyaman selama di perjalanan, keretanya tidak akan dijalankan dengan kecepatan maksimal, melainkan hanya akan beroperasi pada kecepatan 505 Km/jam.

Walaupun kecepatannya diturunkan, bukan berarti kereta tersebut menjadi lambat. Kereta dengan kecepatan 505 Km/jam sudah mampu mengangkut penumpang dari Tokyo ke Nagoya (sekitar 322 Km) hanya dalam waktu 40 menit.

Melihat kecepatan kereta Jepang yang sangat memukau dunia, membuat Amerika Serikat terpikat untuk meminangnya. Kabar ini juga belum tentu benar, namun menurut rumor yang beredar Amerika Serikat akan mengimpor kereta tercepat dari Jepang sebagai transportasi yang akan menghubungkan New York ke Washington DC.

(brl/red)