San Fransisco luncurkan stasiun pengisian mobil listrik tenaga surya

San Fransisco luncurkan stasiun pengisian mobil listrik tenaga surya

Techno.id - Mobil listrik dinilai memiliki kelebihan pada energi yang efisien tanpa mengeluarkan emisi gas berbahaya. Namun, mobil listrik ini juga banyak menuai kritikan karena sumber tenaga listriknya masih dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga batu bara. Melihat sumber energi yang nantinya bakal habis tersebut, Kota San Fransico meluncurkan stasiun pengisian kendaraan listrik dari tenaga surya.

Dilansir Cnet, (17/04/2015), sebuah organisasi bernama Charge Across Town menggandeng Envision Solar untuk mendirikan tiga stasiun pengisian listrik bertenaga surya yang berlokasi di sekitar San Fransisco. Tiga lokasi tersebut bertempat di parkiran Mall Stone Galleria, Embarcadero, dan CarShare. Siapa saja yang mempunyai mobil listrik dapat mengisi tenaganya di sana.

Desmond Wheatly selaku CEO Envision Solar mengatakan bahwa setiap stasiun mampu menghasilkan 3,3 kW termasuk sebuah baterai lithium ion dengan daya listrik 22,5 kW. Jumlah sebesar itu, sudah dapat memasok sebanyak 100 mobil listrik per harinya.

Sayangnya, mobil listrik di Indonesia belum terlalu diminati. Apabila banyak warganya yang menggunakan mobil listrik, pemerintah dapat menggelontorkan dana sebesar Rp 578 juta untuk membangun sebuah stasiun pengisian kendaraan listrik bertenaga surya yang energinya tak akan pernah ada habisnya.

(brl/red)