Mobil balap ini hanya butuh matahari untuk melaju kencang

Mobil balap ini hanya butuh matahari untuk melaju kencang

Techno.id - Bagaimana jadinya jika Anda memiliki kendaraan dengan tenaga matahari? Mungkin sepanjang perjalanan, Anda akan selalu tersenyum bahagia karena tidak harus mengeluarkan dana untuk membeli bahan bakar. Hal ini bukan sekadar angan-angan dan benar-benar diwujudkan oleh sekelompok mahasiswa dari University of New South Wales, Australia. Mereka berusaha keras menciptakan mobil balap dengan tenaga surya.

Mobil balap ini dijuluki Sunswift eVe yang telah mendapat penghargaan dari Fdration Internationale de l'Automobile sebagai mobil listrik tercepat. Mobil ini mampu menempuh lebih dari 500 Km dalam sekali pengisian daya. Dibalik keberhasilannya, para mahasiswa juga menghadapi sejumlah tantangan yang datang silih berganti. Untuk menguji kelayakan jalannya saja, para mahasiswa harus mengatur desain sel surya yang membalut mobil Sunswift eVe sesuai aturan hukum di sana. Selain itu, yang menjadi kendala terbesar dalam pembuatan mobil ini adalah masalah biaya.

Pembuatan mobil Sunswift eVe ini telah menghabiskan dana sekitar Rp 6,5 miliar. Belum lagi, biaya untuk membuat surat ijin pengujian di jalan raya yang menelan dana hingga Rp 1,3 miliar. Untungnya, usaha keras mereka dibantu oleh kampus serta beberapa sponsor dan pendanaan sendiri dari penggalangan dana, seperti dikutip dari Mashable (6/5/2015).

Sunswift eVe mungkin terdengar mahal untuk sebuah mobil balap listrik. Namun, melihat kemampuannya yang luar biasa, pastinya hal itu bisa dimaklumi semua orang. Jika Anda berminat memarkir mobil ini di garasi, sebaiknya Anda menunggu sampai Sunswift eVe diproduksi secara massal agar biayanya lebih bersahabat.

(brl/red)