Genjot penelitian AI, Facebook sumbang server ke sejumlah kampus

Genjot penelitian AI, Facebook sumbang server ke sejumlah kampus

Techno.id - Artificial Inteligence alias AI memang merupakan salah satu ranah garapan Facebook saat ini. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu bahkan diketahui tak segan-segan mengeluarkan budget yang besar untuk menggenjot penelitian di bidang tersebut.

Nah, salah satu bentuk nyata dukungan Facebook pada penelitian di bidang AI itu dibuktikan baru-baru ini dengan sumbangan berupa server komputer ke sejumlah lembaga penelitian kampus di benua Eropa. Seperti dikutip dari NDTv (26/2/16), total ada sekitar 25 server komputer dengan 8 unit pengolahan grafis alias GPU yang disumbangkan oleh Facebook ke beberapa lembaga penelitian berbasis kampus di sana.

Pihak Facebook mengungkapkan jika lembaga penelitian kampus dipilih untuk menerima sumbangan ini karena biasanya merekalah yang paling produktif melakukan penelitian di bidang AI dan ide-ide yang dihasilkan pun tergolong luar biasa.

"Beberapa ide terbaik soal penelitian AI berasal dari akademisi. Sayangnya, banyak dari penelitian tersebut mengalami kemacetan karena keterbatasan sumber daya komputasi," ujar Yann LeCun, director of AI research di Facebook Artificial Intelligence lab FAIR.

Untuk mengawali program ini, empat server kabarnya sudah disumbangkan ke laboratorium di Berlin Technical University. Empat server yang disumbangkan itu, diakui pihak laboratorium akan digunakan untuk mendukung penelitian terhadap perangkat analisis citra kanker payudara dan pemodelan kimia molekul.

(brl/red)