Drone pintar ini bisa bantu cari pendaki yang tersesat dan hilang

Drone pintar ini bisa bantu cari pendaki yang tersesat dan hilang

Techno.id - Dilansir oleh EPFL (11/02/16), tim peneliti di Swiss menciptakan sebuah drone yang bisa membantu tim SAR untuk menemukan pendaki tersesat ataupun hilang di pegunungan. Memang setiap tahun banyak pendaki yang tersesat di gunung, tidak hanya di Swiss saja di Indonesia juga banyak ditemui kasus serupa.

Nah, dengan adanya drone ini maka pencarian pendaki yang hilang akan cepat ditemukan. Bahkan dikatakan lebih murah biayanya dibandingkan menggunakan tenaga manusia.

Peneliti ini mengembangkan sebuah kecerdasan buatan untuk drone ini belajar mengenali dan mengikuti jalur yang ada di hutan secara otonom. Drone ini memilikidua kamera yang mirip dengan kamera smartphone untuk mengamati lingkungan di sekitarnya. Dari kamera inilah drone tersebut menggunakan sebuah algoritma yangkuat untuk mengenali jalan atau jejakmanusia.

Untuk mengenali jejak tersebut, drone harus mengikuti pelatihan sesuai dengan pengalaman. Sehingga para peneliti mengumpulkan data dengan cara mengambil gambar jalur pendakian yang berbeda di pegunungan Alpen dan mengumpulkan 20 ribu gambar dari kamera yang melekat pada helm mereka untuk dipelajari otak drone tersebut.

Hasilnya, jaringan saraf pada drone tersebut dapat mengenali jejak 85 persen benar dibandingkan dengan keputusan manusia dalam menentukan jalur yang benar. Drone masik tetap dalam pengembangan peneliti untuk dilatih agar bisa bermanfaat menyelamatkan pendaki yang hilang. Kabarnya drone pintar ini akan dikenalkan pada bulan Mei pad ajang IEEE International Conference on Robotic and Automation di Stockholm.




(brl/red)