Perkembangan drone jadi barometer perang di masa depan?

Perkembangan drone jadi barometer perang di masa depan?

Techno.id - Beberapa orang mengatakan bahwa perkembangan teknologi kelak bisa menjadi bumerang bagi manusia. Meski belum tentu benar, anggapan tersebut juga tidak sepenuhnya salah.

Salah satu perkembangan teknologi yang mulai banyak digunakan adalah drone. Dari yang berukuran mini hingga besar, pesawat tanpa awak tersebut memang didesain untuk bisa dikendalikan dari jarak jauh, dengan berbagai tujuan tentunya.

Sejumlah regulasi terkait penggunaan drone pun telah dibuat dan dijalankan. Namun hal tersebut tak menutup kemungkinan bahwa suatu hari nanti, benda terbang yang bertempur di angkasa adalah drone.

Perkembangan drone jadi barometer perang di masa depan?

Salah satu drone militer
2016 gregstevens.com/gregstevens.com

Seperti yang telah diberitakan oleh Popular Science pada hari Rabu (27/01/16), kekhawatiran tersebut mulai muncul setelah fakta bahwa Israel, Nigeria, Pakistan, dan Inggris memiliki drone yang dipersiapkan untuk perang mulai terkuak.

Memang benar bahwa drone mudah untuk dilumpuhkan dari darat. Tapi bagaimana jadinya jika pesawat tanpa awak tersebut dibekali dengan kemampuan untuk menghindar atau menghilang dari senjata dan bahkan radar seperti pesawat siluman?

Sharp Sword adalah sebuah drone siluman yang sedang dikembangkan oleh China. Tentu saja, fakta yang terungkap tersebut semakin menambah keresahan sebagian orang yang mulai khawatir dengan perkembangan teknologi dan mengancam keselamtan manusia.

Akankah drone menjadi penanda bahwa medan pertempuran di masa yang akan datang akan mengalami perubahan yang signifikan? Well, belum ada yang tahu pasti. Yang jelas, kembali kepada siapa dan atas kepentingan apa drone tersebut diluncurkan. Bagaimana menurut pendapat Anda sendiri?

(brl/red)