Gelar kompetisi, Bukalapak adu kemampuan mahasiswa TI

Gelar kompetisi, Bukalapak adu kemampuan mahasiswa TI

Techno.id - Bisnis digital di Indonesia sekarang ini sedang berkembang dengan pesat. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memprediksi pertumbuhan bisnis digital di Tanah Air bakalan mencapai USD 130 miliar dan jadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Gelar kompetisi, Bukalapak adu kemampuan mahasiswa TI

Programming Contest Bukalapak
2016 techno.id/Denny Mahardy

Sayangnya, pertumbuhan pesat di industri digital Indonesia masih belum berimbang dengan ketersediaan tenaga teknologi informatika (TI). Hal itu membuat para pemain di industri digital Tanah Air merasa kesulitan mendapatkan tenaga TI untuk memenuhi kebutuhannya.

Bukalapak.com sebagai salah satu pemain bisnis digital merasa terpanggil untuk mendorong kesiapan tenaga TI siap pakai. Perusahaan rintisan di kategori e-commerce tersebut kemudian membuat kompetisi bertajuk 'Programming Contest' di kalangan mahasiswa.

"Program ini sejalan dengan visi Bukalapak.com untuk menambah engineer software di bisnis digital," ujar Ahmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak.com saat ditemui tim Techno.id di kantornya yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Nugroho Herucahyono, CTO Bukalapak.com menyebutkan perusahaannya sengaja menggelar kompetisi supaya memotivasi mahasiswa agar bisa meningkatkan kualitas sesuai kebutuhan industri. Kompetisi ini pertama kalinya digelar di tengah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI).

"Pesertanya ada 50 orang dari teman-teman mahasiswa UI. Nanti mereka harus menyelesaikan tantangan yang disediakan melalui kasus-kasus yang biasa dihadapi para engineer yang ada di industri digital. Kita akan pilih yang terbaik dari penyelesaian kasus mereka sebagai juara," papar Nugroho.

Pemenang kompetisi ini disebutkan tidak akan mendapatkan status dan kemitraan apapun dari Bukalapak.com. Namun, perusahaan itu menyediakan MacBook Pro, iPhone 6s dan iPhone 6 bagi juara 1, 2 dan 3 dari kompetisi pemecahan masalah yang disediakannya.

(brl/red)