CONNECT WITH US
Indra Cahya |
 29 Juli 2016 11:49

Dengan pendanaan seri B, BACA ekspansi ke Brazil!

Sebuah aplikasi dengan nama yang 'Indonesia banget' bisa berekspansi ke Brazil.

Dengan pendanaan seri B, BACA ekspansi ke Brazil!

Techno.id - Anda mungkin sudah sering mendengar atau justru merupakan seorang pembaca dari BACA, sebuah aplikasi news reader yang berbasis di Indonesia. Kali ini aplikasi tersebut akan mencetak sejarah dengan segera melakukan ekspansi ke negeri Samba, Brazil.

Mungkin hal ini cukup aneh, sebuah aplikasi dengan nama yang 'Indonesia banget' bisa berekspansi ke Brazil, namun hal ini benar adanya. Hal ini dikarenakan ada satu juta orang pembaca aktif tiap harinya di negeri yang tahun ini jadi tuan rumah Olimpiade tersebut.

Hal ini diungkapkan langsung oleh COO dari BACA, Jimmy Sie.

"Negara pertama yang kami pilih adalah Brazil, dan kami memiliki satu juta pengguna aktif tiap harinya di negara tersebut. Setelah itu, kami juga akan mencoba mengekspansi negara lain," ungkap Jimmy.

Tidak heran, BACA memang mendapat kucuran dana Seri B dari Bertelsmann Asia Investments (BAI), Crystal Stream, dan CC Zhuang. Angkanya tidak tanggung-tanggung, sejumlah sekitar 20 Juta Dollar atau 263 Juta Rupiah dikucurkan untuk BACA. Jimmy Sie tak mau menyebutkan nominal pasti dari kucuran dana tersebut. Sebaliknya, sang COO hanya menyebutkan cara monetisasi dari BACA, yakni dengan iklan.

"Iklan yang diletakkan di bawah artikel," ungkap sang COO merujuk pada sumber pemasukan dari BACA, dilansir dari Tech In Asia.

Di Indonesia sendiri, BACA mengklaim bahwa aplikasi mereka digunakan oleh satu juta pengguna aktif. BACA bisa mengumpulkan 20 ribu hingga 25 ribu artikel dari 500 media. Aplikasi BACA selalu menganalisa berita-berita yang sedang tren dan sedang banyak dibaca oleh Netizen.

BACA juga harus berkompetisi dengan Babe dan Kurio yang juga merupakan platform baca berita yang terdepan di Indonesia. BACA sendiri mengklaim bahwa aplikasi mereka punya kelebihan pada minimalnya kuota internet ketika membaca berita melalui BACA.

WHAT TO READ NEXT ?