Wanita lebih lama hidup dari pria, apa alasannya?

Wanita lebih lama hidup dari pria, apa alasannya?

Techno.id - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ben Dulken dan Anne Brunet dari Stanford University menemukan bahwa hormon esterogen (sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita) dapat memperpanjang harapan hidup para wanita. Seperti dilaporkan oleh Softpedia (6/6/15), secara khusus hormon yang dimiliki oleh wanita tersebut dapat menyebabkan harapan hidup wanita jauh lebih panjang ketimbang pria.

Dulken dan Brunet menjelaskan dalam penelitian yang dilakukan pada tikus laboratorium, hormon esterogen menunjukkan dampak langsung pada populasi sel induk dalam tubuh. Secara khusus, para peneliti mengatakan bahwa setidaknya pada tikus, hormon esterogen dapat meningkatkan jumlah sel-sel induk pada darah dan meningkatkan kemampuan regeneratif sel batang otak.

Lebih lanjut, Dulken dan Brunet mengungkapkan, tikus jantan yang disuntikkan esterogen diklaim mempunyai harapan hidup lebih lama. Tikus jantan yang telah disuntik hormon esterogen pun menunjukkan perkembangan sel-sel induk pada darahnya lebih baik ketimbang tikus jantan yang tidak disuntik hormon esterogen.

Kendati demikian, kedua peneliti tersebut menekankan bahwa penelitiannya ini masih memerlukan kajian mendalam dan menemukan bukti yang lebih valid lagi untuk membuktikan bahwa hormon esterogen memang dapat meningkatkan jumlah dan merawat sel-sel induk pada darah, sehingga dapat memperpanjang harapan hidup para wanita.

(brl/red)