Nantinya, WiFi bisa dimanfaatkan untuk isi daya baterai perangkat

Nantinya, WiFi bisa dimanfaatkan untuk isi daya baterai perangkat

Techno.id - Kelompok peneliti dari University of Washington (UW) baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka tengah meneliti kemungkinan sinyal WiFi bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai perangkat elektronik Anda. Dikutip dari Slashgear (3/6/15), untuk mendukung tujuan penelitiannya tersebut, mereka tengah merancang PoWiFi, sebuah modifikasi pada router sinyal WiFi yang dapat mengirimkan sinyal konstan serta mengubah sinyal menjadi listrik DC.

Para peneliti menjelaskan jika mereka harus memodifikasi router supaya dapat digunakan untuk mengirim data dan menangkap sinyal guna mengisi daya baterai perangkat elektronik. Lebih lanjut, peneliti mengatakan, router yang telah dimodifikasi tadi nantinya akan mentransmisi sinyal WiFi menjadi sejumlah kecil arus listrik, yakni hanya sebesar 1Watt saja. Oleh karena itu, tim peneliti menegaskan bahwa PoWiFi ini hanya dapat dimanfaatkan untuk mengisi perangkat yang tidak memerlukan daya baterai terlalu besar, seperti fitness tracker atau alat pelacak kebugaran.

Saat ini, teknologi PoWiFi sedang dalam masa percobaan. Ke depannya, tim peneliti asal University of Washington ini, bakal meningkatkan kemampuan transmisi alat ini supaya dapat menghasilkan daya listrik yang cukup besar untuk mengisi perangkat mobile lainnya, seperti smartphone misalnya.

(brl/red)