Selain teliti nuklir, ternyata BATAN juga teliti hal berikut ini

Selain teliti nuklir, ternyata BATAN juga teliti hal berikut ini

Techno.id - BATAN atau Badan Teknologi Nuklir Nasional selama ini dikenal sebagai badan milik pemerintah yang fokus melakukan penelitian di bidang nuklir saja. Namun, tahukah Anda jika BATAN ternyata juga melakukan berbagai penelitian terkait bidang lainnya juga.

Seperti dilaporkan oleh Merdeka (27/4/15), tahun ini selain meneliti mengenai nuklir, BATAN juga meneliti produksi varietas tanaman pangan dan pembangunan iradiasi pengawetan makanan dan kesehatan.

"Prioritas ristek kita, produksi unggul tanaman pangan, pembangunan fasilitas iradiasi untuk pengawetan makanan dan kesehatan, pembangunan reaktor riset multi guna, pembangunan multi prototype fasilitas pemisahan tanah jarang untuk industri, dan peningkatan sosialisasi iptek nuklir ke masyarakat," ungkap Kepala BATAN, Djarot S Wisnubroto.

Djarot juga menjelaskan bahwa untuk tanaman pangan, pihaknya tengah meneliti terkait varietas padi, kedelai, dan sorgum. Lalu untuk bidang kesehatan, Djarot menyebutkan jika dia dan tim peneliti lainnya sedang mempersiapkan pembuatan alat dan bahan untuk diagnosis maupun terapi berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit dalam lainnya.

Lebih lanjut, Djarot mengungkapkan jika hasil dari penelitian institusi yang dipimpinnya ini sudah mulai digunakan di beberapa daerah. Misalnya saja, varietas padi yang telah disebarkan ke 24 provinsi. BATAN bahkan berencana memperluas persebaran varietas padi hasil penelitian tersebut ke 1000ha area di 20 daerah. Selain hasil penelitian di bidang pangan, peralatan kesehatan yang dihasilkan oleh BATAN juga sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit, seperti di Ulin, Kalimantan Selatan dan di Annur, Yogyakarta.

Tahun ini, BATAN telah menerima total dana sekitar Rp 850 miliar. Djarot mengatakan, dari total dana tersebut, 40 persen disisihkan untuk gaji pegawai, sedangkan sisanya disisihkan untuk berbagai kegiatan termasuk litbang, operasi, dan perawatan fasilitas, serta peningkatan kompetensi SDM.

(brl/red)