Wajah masa depan Mataram: Sampah akan jadi energi listrik

Wajah masa depan Mataram: Sampah akan jadi energi listrik

Techno.id - Pemerintah kota Mataram melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah hendak melakukan terobosan dengan mengolah sampah di kota tersebut menjadi sumber energi listrik. Dilansir oleh Antara (24/4/15), ibu kota Nusa Tenggara Barat tersebut sedang membuat perencanaan yang matang terkait teknik pengolahan sampah yang nantinya akan digunakan.

Lalu Martawang, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mengatakan, jika teknik pengolahan sampah ini rencananya akan menggunakan teknologi modern ramah lingkungan berupa insinerator. Lalu menambahkan, program ini akan nantinya akan dibantu oleh Pemerintah Perancis melalui program ekodistrik. Program tersebut merupakan program sistem pengolahan sampah di tengah kota dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan berupa insinerator.

"Tindak lanjut pengolahan sampah dengan menggunakan insinerator ini berupa energi listrik yang dapat dimanfaatkan kembali, sehingga tidak ada limbah yang timbul akibat proses pengolahan sampah perkotaan," ungkap Lalu.

Energi listrik yang dihasilkan dari pengolahan tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan lampu penerang jalan umum (PJU). Pelaksanaan program tersebut saat ini dalam tahap persiapan rencana membuat pusat pengolahan sampah yang layak dan representatif di kawasan Kebon Talo dengan prediksi kebutuhan lahan sekitar 80are.

"Jika tim Perancis menilai lokasi ini layak, maka kita akan segera membebaskan lahan tersebut sesuai kebutuhan," tutup Lalu.

(brl/red)