Dapatkah NASA menanam tumbuhan di Planet Mars?

Dapatkah NASA menanam tumbuhan di Planet Mars?

Techno.id - Sejauh ini, sudah ada titik terang mengenai kehidupan manusia di Planet Mars. Terlebih, beberapa waktu yang lalu telah ditemukan tanda-tanda adanya air di planet tersebut. Namun, tetap saja, untuk hidup di sana membutuhkan perjuangan yang berat. Pasalnya, untuk berangkat ke sana saja memerlukan waktu lebih dari delapan bulan.

Sebenarnya, perjalanan yang panjang itu bisa dipangkas menjadi enam bulan, tetapi sama juga bohong karena para astronot akan menghabiskan waktu satu tahun pulang pergi tanpa memakan makanan yang segar. Hal ini tentu saja bisa berdampak buruk pada kesehatan para astronot.

Untuk itu, NASA mencoba menanam tumbuhan di Planet Merah. Tujuannya agar astronot tetap mendapatkan gizi yang cukup selama proses penelitian di sana. Tetapi, dapatkah NASA melakukannya?

Mimpi untuk berkebun di Planet Mars, sepertinya bisa terwujud setelah Bruce Bugbee berhasil mengembangkan sistem pendukung kehidupan biologis di dalam ruang. Direktur tanaman dan tanah di Utah State University ini mengaku dapat menanam tumbuhan di dalam ruang. Nah, ruang itu bisa ditempatkan di Planet Mars dan stasiun luar angkasa.

Dapatkah NASA menanam tumbuhan di Planet Mars?

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa pertengahan tahun ini, NASA telah memanen selada merah dari luar angkasa? Ya, itu juga hasil campur tangan Bruce Bugbee. Dengan bukti panen selada tersebut, Bugbee semakin yakin bahwa NASA dapat menanam tumbuhan di Planet Mars, seperti yang dilansir oleh Cnet (25/10/15).

(brl/red)