Jelajahi planet Mars dengan simulator NASA terbaru

Jelajahi planet Mars dengan simulator NASA terbaru

Techno.id - NASA baru saja merilis dua aplikasi simulator online yang dapat membawa pengguna lebih dekat ke permukaan planet Mars. Kedua aplikasi ini dapat menunjukkan pengalaman visual permukaan Mars serta mengemudikan robot untuk menjelajahi planet Mars. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda bisa mengaksesnya melalui web browser apapun.

Aplikasi pertama yang memperlihatkan permukaan Mars dalam bentuk 3D ini dinamakan Mars Trek. NASA mengklaim bahwa aplikasi ini dibuat dari kompilasi data Mars dalam kurun waktu 50 tahun. Bahkan, dengan aplikasi ini pula NASA menggunakannya untuk menentukan daerah mana yang bisa untuk tempat pendaratan rover Mars di tahun 2020 mendatang. Bila penjelajahan ini berhasil, rencananya NASA akan memindahkan sebagian populasi manusia ke planet tersebut pada dekade berikutnya.

Aplikasi kedua dari NASA bernama Experience Curiosityyang memungkinkan semua orang dapat mengemudikan kendaraan visual di planet Mars. Robot Curiosity Rover dapat dikendalikan dengan kontrol manual dan menariknya robot ini dapat menampilkan rekaman permukaan Mars dari berbagai sudut kamera.

Jelajahi planet Mars dengan simulator NASA terbaru

"Kami telah melakukan banyak pengolahan 3D berat untuk membuat simulator Experience Curiosity bekerja di web browser. Siapa saja yang bisa mengakses web dapat melakukan perjalanan ke Mars," ujar Kevin Hussey, manajer aplikasi visual dan pengembangan di laboratorium Jet Propulsion NASA.

(brl/red)