Eksplorasi Mars selama 50 tahun diabadikan dalam video 4 menit

Eksplorasi Mars selama 50 tahun diabadikan dalam video 4 menit

Techno.id - Perjalanan panjang NASA selama 50 tahun mulai diabadikan dalam sepenggal video yang berkesan. 50 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 15 Juli 1965, NASA mengirim pesawat ruang angkasa pertama bernama Mariner 4 ke Mars untuk mengamati planet tersebut. Misi ini berhasil dan membawa banyak sekali foto hitam putih dari permukaan Mars.

Badan Antariksa Amerika Serikat ini telah mengirimkan total 15 misi robot ke Planet Merah. Semua misi memiliki tujuan yang sama yakni ingin mengeksplorasi tentang seluk beluk dari planet Mars. Berkat misi ini pulalah, sekarang gambaran tentang apa yang ada di Mars sudah terlihat jelas, termasuk berbagai unsur kimia di planet tersebut, seperti yang dilaporkan oleh News.Softpedia (22/8/15).

Nah, untuk memperingati hari bersejarah Mariner 4 ke planet Mars, NASA telah membuat video berdurasi 4 menit yang di dalamnya mengisahkan perjalanan ke Mars selama beberapa dekade terakhir.

"Tahun 2015 menandai 50 tahun suksesnya misi NASA ke Mars yang dimulai dengan perjalanan Mariner 4 pada tahun 1965. Sejak saat itu, sebanyak 15 misi robot yang dipimpin oleh berbagai pusat NASA telah menjadi pijakan awal untuk misi manusia ke Mars di masa mendatang," tertuang pada deskripsi video tersebut.

NASA berharap ke depannya mereka akan melakukan penyelidikan lain pada permukaan Planet Merah. Kemungkinan, pada tahun 2030 nanti badan antariksa akan mencoba misi membawa manusia ke planet Mars.

(brl/red)