WiFi Master Key, aplikasi pengelola Wi-Fi terpopuler di Asia Tenggara

WiFi Master Key, aplikasi pengelola Wi-Fi terpopuler di Asia Tenggara

Techno.id - Dewasa ini, aplikasi crowdsourcing hotspot wifi, WiFi Master Key makin populer di kalangan pengguna gadget Asia Tenggara. Pasalnya, aplikasi ini diklaim dapat memberikan koneksi internet lebih mudah di kawasan minim koneksi.

Pekan ini, WiFi Master Key sukses menyabet peringkat ke-10 daftar aplikasi Google Play untuk pasar Indonesia dan Filipina. Dan yang membuatnya lebih istimewa, fungsi aplikasi ini secara tidak langsung telah mendukung implementasi inisiatif Sharing Economy di kawasan ASEAN.

Tren positif WiFi Master Key pun dimulai dengan keberhasilan bulan lalu saat menempati posisi pertama Google Play di pasar Malaysia. Menariknya, di bulan yang sama aplikasi ini juga sukses menduduki posisi sama untuk pasar Vietnam.

Menurut Founder dan CEO WiFi Master Key, Chen Danian, aplikasi besutannya ini telah menjadi alat penting bagi banyak layanan on-demand di negara asalnya, Tiongkok. Namun seiring bertambahnya jumlah pengguna, ia pun resmi berkantor di Singapura sejak bulan Mei.

"WiFi Master Key akan membantu lebih banyak orang untuk terhubung dengan internet secara gratis sekaligus menyediakan berbagai layanan seluler yang lebih baik seiring dengan upaya kami untuk terus mengeksplorasi dan memperluas data pool kami," ujar Chen.

Secara garis besar, aplikasi ini bekerja ketika seorang pengguna membagikan sinyal hotspot dengan komunitasnya. Dari sini, pengguna lain dapat menggunakan informasi yang dibagikan (shared information) yang ada di dalam basis data untuk terhubung dengan internet gratis. Setidaknya, ada empat fungsi WiFi Master Key yang bisa Anda gunakan.

Sementara untuk sistem keamanannya, aplikasi ini tak mengandalkan password WiFi. Akan tetapi menggunakan sistem enkripsi dan menyimpan informasi yang dibagikan ke dalam basis data cloud yang dimiliki oleh server WiFi Master Key. Aplikasi ini pun tidak ditujukan untuk membobol suatu hotspot.

(brl/red)