Google Play Store kini dukung sistem pemindai sidik jari

Google Play Store kini dukung sistem pemindai sidik jari

Techno.id - Mengendalikan batas akses adalah pekerjaan mendasar dari fitur pemindai sidik jari. Pada umumnya, fitur ini digunakan untuk melindungi data rahasia dari para tangan jahil. Namun seiring berjalannya waktu, pemindai sidik jari saat ini juga dikembangkan untuk sistem keamanan dalam berbelanja online.

Sebagai contoh sederhana, Apple sudah memberlakukan sistem pemindai sidik jari bagi pengguna iOS yang ingin berbelanja aplikasi di iTunes. Kini, langkah perusahaan berlogo apel tergigit itu mulai diikuti oleh Google. Ya, pengguna Android kini juga dapat berbelanja aplikasi di Play Store dengan sistem pemindai sidik jari.

Google Play Store kini dukung sistem pemindai sidik jari

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (22/10), fitur baru ini mulai dapat dinikmati jika pengguna sudah menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Dan tentu saja, perangkat yang telah dilengkapi dengan hardware pemindai sidik jari adalah syarat wajib selain sistem operasi Android itu sendiri.

Secara default, pemindai sidik jari untuk Google Play Store akan berada di dalam posisi mati. Dengan kata lain, pengguna harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu melalui opsi User Controls. Untuk alasan keamanan, pengguna juga akan kembali diminta untuk memasukkan password akun Google untuk langkah verifikasi.

Fitur pemindai sidik jari pada aplikasi Google Play Store ini nantinya akan selalu ditampilan di bagian bawah menu prompt. Sebagai langkah antisipasi (misal hardware pemindai sidik jari tak berfungsi), pengguna juga masih dapat menggunakan password secara manual untuk dapat melakukan pembelian aplikasi.

(brl/red)