WhatsApp versi 3.0 tawarkan fitur enkripsi dan berbagi ke Facebook

WhatsApp versi 3.0 tawarkan fitur enkripsi dan berbagi ke Facebook

Techno.id - Dalam waktu dekat, WhatsApp akan mendapat pembaruan yang menunjang sisi keamanan dan fitur berbagi data pengguna ke Facebook. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pengembang ponsel asal Spanyol, Javier Santos. Menurutnya, WhatsApp versi 3.0 bakal mengadopsi fitur enkripsi untuk meningkatkan privasi pengguna dan fitur berbagi ke Facebook, seperti yang dikatakan oleh Softpedia.

Javier Santos menemukan pembaruan ini saat dirinya menginstal WhatsApp versi beta terbaru. Di dalam versi beta tersebut, Javier mengatakan bahwa WhatsApp akan dibekali dengan fitur keamanan terenkripsi. Jadi, semua chat dan panggilan Anda dengan orang lain tak akan bisa dilihat oleh tim WhatsApp maupun pihak ketiga.

WhatsApp versi 3.0 tawarkan fitur enkripsi dan berbagi ke Facebook

Sebenarnya, fitur panggilan WhatsApp sudah diberikan keamanan enkripsi secara default. Jadi, mungkin sekarang giliran layanan chatting yang mendapat teknologi enkripsi. Dengan pembaruan tersebut, WhatsApp akan terlihat seperti Telegram dalam hal keamanan terenkripsi.

Kemudian, ketika Javier mengecek bagian 'Account', dia menemukan bahwa WhatsApp menampilkan opsi baru yang bertuliskan "Share my account info". Bila fitur tersebut diaktifkan, maka info data pengguna akan dibagikan ke Facebook. Pertanyaannya sekarang, untuk apa info pengguna dibagikan ke Facebook?

WhatsApp versi 3.0 tawarkan fitur enkripsi dan berbagi ke Facebook

Sayangnya, Facebook ataupun WhatsApp tidak memberitahukan untuk apa fitur tersebut. Mungkin, fitur ini ada sangkut pautnya dengan penghapusan biaya berlangganan WhatsApp. Belum lama ini, WhatsApp mengumumkan bahwa layanannya tidak akan memungut biaya lagi atau gratis.

Apakah dengan berbagi data pengguna ke Facebook, WhatsApp akan mendapat pemasukan dari Facebook? Apakah mungkin fitur seperti ini bisa digunakan dalam bisnis periklanan? Bagaimana pendapat Anda?

(brl/red)