Clash of Clans jadi game dengan pendapatan tertinggi di platform iOS

Clash of Clans jadi game dengan pendapatan tertinggi di platform iOS

Techno.id - Di kalangan penggemar game seluler saat ini, nama Clash of Clans (juga biasa disebut CoC) terlampau populer. Tak heran, game buatan Supercell, perusahaan video game asal Finlandia, itu sanggup meraih capaian fenomenal, seperti predikat sebagai game dengan pendapatan tertinggi di platform iOS.

Prestasi Clash of Clans itu dilandasi oleh analisis dari Topapps.net. Mereka mencatat kalau game strategi tersebut sudah berhasil mengantongi Rp18,9 miliar. Yang tak kalah mencengangkan, jumlah user baru yang bergabung perharinya juga sangat tinggi, yakni 57 ribuan.

Karena bertipe freemium, keuntungan utama Clash of Clans didapat dari pembelian item di dalam game. Contohnya, setiap user memang berkesempatan untuk mendapatkan gem secara otomatis tiap bermain, tetapi mereka harus menunggu selama beberapa waktu terlebih dahulu. Nah, mereka yang tak ingin melewati proses penantian itu pun bisa memperoleh gem dengan cepat kalau mau membayar sejumlah uang.

Selain itu, kehadiran Clash of Clans (dan game fenomenal lain seperti Minecraft) turut mendongkrak populasi aplikasi tipe hiburan yang beredar di perangkat seluler sekarang. Menurut survei yang dilaporkan sebelumnya, jumlah aplikasi hiburan telah meningkat 13 persen dari tahun lalu.

(brl/red)