Clash of Clans dan games lainnya paling sering dimainkan di smartphone

Clash of Clans dan games lainnya paling sering dimainkan di smartphone

Techno.id - Tanpa Anda sadari, membuka aplikasi di smartphone jauh lebih banyak dibanding mengerjakan pekerjaan Anda. Hal ini memang dibenarkan dengan sejumlah survei yang dilakukan oleh perusahaan Nielsen.

Dilansir dari Cnet.com (10/06/15), jumlah waktu yang dihabiskan orang setiap bulan pada aplikasi yang ada di smartphone mereka sekitar 73 jam pada kuartal keempat tahun 2014. Hal ini membuat lonjakan sebesar 63 persen dibandingkan dua tahun lalu.

Selain itu, hal ini juga menyimpulkan jika betapa banyak waktu orang-orang terbuang untuk menggunakan aplikasi di smartphone mereka. Sementara itu, statistik dilakukan mirip dengan survei pada rating televisi dan dapat digunakan oleh pengembang aplikasi dan pemasar untuk menemukan cara berbeda untuk menarik perhatian konsumennya.

Hasil survei juga menunjukkan jika aplikasi hiburan mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 13 persen dari tahun ke tahun. Hal ini dipicu oleh kehadiran games yang sangat populer seperti Clash of Clans dan minecraft, sehingga tidak mengherankan jika games adalah aplikasi yang menjadi kategori teratas dalam aplikasi hiburan.

Selain itu, dalam survei ini juga melaporkan jika rata-rata orang-orang menghabiskan waktu 10 jam per bulan untuk memainkan games atau hampir empat kali lipat lebih lama untuk kategori aplikasi populer lainnya seperti musik.

Sementara itu, survei yang dilakukan oleh perusahaan Nielsen juga memecah survei dengan mengelompokkan etnis dan jenis kelamin. Sehingga mendapatkan hasil jika etnis Afrika-Amerika menggunakan aplikasi smartphone per bulan sebanyak 43 jam. Sedangkan untuk etnis non-Hispanik sebesar 25 jam 25 menit setiap bulannya.

Bahkan, survei ini juga menemukan jika pria memiliki banyak aplikasi di smartphone mereka dibandingkan wanita. Namun, wanita lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membuka aplikasi yang mereka gunakan.

Sayangnya, survei ini tidak dilakukan di seluruh dunia, jika Indonesia masuk dalam survei tersebut. Dengan survei ini, mungkin Anda bisa bayangkan berapa jam sebulan warga Indonesia memainkan games Clash of Clans?


(brl/red)