CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 28 Juli 2015 18:00

Peningkatan trafik komunikasi Smartfren saat Lebaran sesuai prediksi

Meski pun meningkat secara signifikan, pihak Smartfren mengaku kualitas layanan telekomunikasi yang disediakannya bagi pelanggan tetap baik.

Peningkatan trafik komunikasi Smartfren saat Lebaran sesuai prediksi

Techno.id - Peningkatan lalu-lintas komunikasi selama Idul Fitri 1436 Hijriyah juga dirasakan oleh Smartfren. Operator telekomunikasi tersebut mengungkapkan peningkatan trafik komunikasi yang dipakai pelanggan dilayanannya meningkat secara bervariasi dari 10 hingga 50 persen.

Meski pun meningkat secara signifikan, pihak Smartfren mengaku kualitas layanan telekomunikasi yang disediakannya bagi pelanggan tetap baik. Hal itu disebabkan karena mereka telah melakukan upaya minimalisasi problem jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan, dan upaya meng-cover blind spots.

Bahkan sebelum Ramadan, Smartfren telah mengoptimalkan infrastruktur di high traffic area, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 40 persen, sedangkan availability dan reability jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85. Padahal, Smartfren memprediksi peningkatan trafik dan kapasitas layanan semasa Lebaran akan meningkat hanya sebesar 10 hingga 14 persen saja.

"Menjadi komitmen kami untuk terus memberikan pelanggan terbaik dalam menikmati layanan dalam situasi apa pun, termasuk saat terjadinya lonjakan trafik telekomunikasi pada puncak Lebaran," kata Roberto Saputra, Direktur Smartfren dalam keterangan yang diterima Techno.id.

Secara nasional kenaikan trafik terjadi di tiga hari periode Idul Fitri (16, 17 dan 18 Juli). Untuk trafik penggunaan data, meningkat sekitar 10 hingga 15 persen dari trafik di hari-hari biasa, sedangkan untuk layanan SMS naik sekitar 14 persen. Sementara untuk layanan panggilan suara, lonjakan panggilan meningkat sekitar 40 hingga 50 persen di kota-kota tujuan mudik di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Sayangnya, Smartfren tak mau mengungkapkan secara rinci data trafik baik layanan data, suara maupun sms yang terjadi di jaringannya semasa Hari Raya Idul Fitri baik berdasarkan wilayah maupun nasional.

WHAT TO READ NEXT ?