CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 22 Juli 2015 22:00

Trafik data dan voice Telkomsel meningkat, sedangkan trafik SMS turun

Telkomsel mencatat peningkatan trafik pada sektor layanan data dan telepon, sedangkan trafik SMS mengalami penurunan.

Trafik data dan voice Telkomsel meningkat, sedangkan trafik SMS turun

Techno.id - Penggunaan layanan telekomunikasi selalu melonjak tatkala memasuki atau pasca bulan suci Ramadan. Kebanyakan pelanggan sering mengucapkan salam Lebaran dan permintaan maaf kepada kerabat serta sanak saudara. Hal semacam ini ternyata juga dialami oleh salah satu operator telekomunikasi yaitu Telkomsel. PT Telkomsel wilayah Bali Nusa Tenggara telah mencatat peningkatan trafik layanan data atau payload terjadi pada H+1 Lebaran yang mencapai 23,32 persen.

"Angka tersebut melonjak 211,26 persen dibandingkan periode Lebaran tahun 2014," kata Danny Agus Triawan, GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra. Kenaikan tersebut tidak terjadi merata pada seluruh kawasan layanan Telkomsel, melainkan hanya daerah tertentu saja. Kenaikan 'payload' tertinggi dibandingkan hari normal terjadi di area pelabuhan dengan 184 persen, disusul lokasi wisata pantai (175 persen), lalu pasar oleh-oleh (53 persen).

"Meningkatnya penggunaan layanan data pada periode Lebaran menunjukkan bahwa pelanggan semakin senang mengadopsi layanan data sebagai pilihan utama untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat saat Lebaran. Tren ini akan terus berlanjut hingga H+7 Lebaran mengingat wilayah Bali Nusra merupakan destinasi wisata utama di Indonesia, di mana turis lokal dan mancanegara akan mengunggah foto liburannya bersama keluarga dan kerabat ke media sosial," jelas Danny Agus Triawan.

Ternyata tak hanya payload, kenaikan trafik juga terjadi pada layanan voice. Dibandingkan Lebaran tahun lalu, tahun ini layanan telepon meningkat hingga 23,85 persen. Sedangkan, nasib berbeda justru dialami oleh layanan SMS. Pasalnya, trafik SMS tidak mengalami kenaikan dan justru terjun bebas. Trafik SMS mengalami penurunan hingga 2,14 persen, dari 37,6 juta SMS di hari normal menjadi 36,8 juta SMS di hari H Lebaran, seperti yang dikutip dari AntaraNews (22/7/15).

Dari sisi kualitas layanan, selama periode Lebaran kali ini tingkat kesuksesan layanan suara rata-rata lebih dari 98 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan data rata-rata di atas 99 persen. "Secara umum kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada periode Lebaran ini terlayani dengan baik serta tanpa kendala berarti berkat persiapan dan pemantauan yang ketat terhadap jaringan Telkomsel," katanya.

WHAT TO READ NEXT ?