Pelaku UMKM yang bergabung ke Kampung Digital Pariaman baru lima

Pelaku UMKM yang bergabung ke Kampung Digital Pariaman baru lima

Techno.id - Dalam pemberitaan sebelumnya sekitar seminggu lalu, Desa Padang Biriak-biriak di Kota Pariaman, Sumatera Barat, telah diresmikan sebagai Kampung UKM Digital kelima se-Indonesia. Akan tetapi sejauh ini, jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung baru ada lima.

Dikutip dari Antara (27/08/15), Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Gusniyeti Zaunit, memaparkan pembaruan terbaru terkait proyek Kampung Digital ini di wilayahnya. Namun, Gusniyeti optimistis jumlah UMKM yang bakal bergabung di akhir tahun ini akan bertambah menjadi 100.

Sebenarnya, Pemkot setempat telah bekerja sama dengan pihak Telkom untuk memfasilitasi masyarakat supaya bertransaksi lewat internet. Sayangnya, menurut Gusniyeti, minat masyarakat setempat masih rendah untuk menggunakan jasa jual beli online tersebut.

"Mungkin karena masih baru, masyarakat belum bisa mengerti dan memahami secara menyeluruh tentang Kampung Digital tersebut," imbuhnya.

Hal ini pun diperparah dengan fakta di lapangan bahwa dari lima petugas operasional yang menjalankan server situs Kampung Digital tersebut, baru dua orang yang memahami dan mengerti cara mengoperasikannya. Untuk mengatasi kekurangan ini, pihaknya telah meminta Telkom untuk kembali memberikan pelatihan.

(brl/red)