Pariaman jadi Kampung UKM Digital kelima buatan Telkom

Pariaman jadi Kampung UKM Digital kelima buatan Telkom

Techno.id - Kampung UKM Digital, sebuah program dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk membina UKM di Indonesia, terus berlanjut. Desa Padang Biriak-biriak di Kota Pariaman, Sumatera Barat, pun menjadi lokasi pendirian Kampung UKM Digital selanjutnya.

Seperti dikutip dari Antara (21/08/15), alasan pemilihan lokasi itu ialah terdapatnya ratusan perajin dengan bidang usaha yang beragam.

"Kampung UKM Digital Kota Pariaman [adalah] tempat berkumpulnya sekitar 150 perajin, yang merupakan kelompok usaha sulaman benang emas, rajutan, bordir, makanan khas," terang Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin.

Dengan berdirinya Kampung UKM Digital yang pertama di Sumatera ini, perekonomian para pelaku UKM setempat diharap bisa terus tumbuh. Pasalnya, mereka bisa menawarkan dan menjual produk sekaligus memperluas pasar dan pembeli melalui jaringan online.

Peluncuran Kampung UKM Digital Pariaman sendiri ditandai dengan pembukaan selubung "Kota Pariaman Goes Digital" dan "Broad Learning Center" (BLC) Kota Pariaman, yang menampilkan demo layanan bisnis UKM, seperti aplikasi BosToko, Jarvis Store, Blanja.Com, kampungumkmdigital.com, dan smartbisnis.co.id. Hingga saat ini, ada 30 UKM di Pariaman yang terkoneksi dengan layanan Triple Play (Internet, telepon, TV) Star Connect milik Telkom dan ada 11 UKM yang membuka lapak maya di situs jual-beli Blanja.com

Perlu Anda ketahui bahwasannya UKM Digital Pariaman ini adalah kampung kelima yang sudah berdiri di Indonesia. Kampung Digital sebelumnya telah didirikan di Pasar Batik Trusmi Cirebon, Kampung Keranggan Tangerang Selatan, Sentra Kaos Suci Bandung, dan Sentra Kain Tenun Samarinda.

(brl/red)